alexametrics

Beredar Foto Bandara Halim Kebanjiran, Otoritas: Sudah Kering Sejak Pagi

Reza Gunadha | Bagaskara Isdiansyah
Beredar Foto Bandara Halim Kebanjiran, Otoritas: Sudah Kering Sejak Pagi
Foto kawasan landasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, digenangi air banjir, sempat beredar di kalangan awak media, Sabtu (20/2/2021). [WhatsApp]

"Tergenangnya di runway strip. Saat ini sudah kering. Mulai jam 9 pagi itu sudah kita buka lagi," ungkapnya.

Suara.com - Foto kawasan landasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, digenangi air banjir, sempat beredar di kalangan awak media, Sabtu (20/2/2021).

Otoritas bandara membenarkan keaslian foto itu. Tapi, mereka menyebut situasi itu tak sampai mengganggu jadwal penerbangan.

"Iya (ada genangan air). Tapi enggak terlalu ini sih (mengganggu)," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Pnb TNI Nandang Sukarna saat dikonfirmasi Suara.com, Sabtu siang.

Menurutnya, genangan tersebut tepatnya berada di area rumput antara runway strip pesawat. Ia menegaskan, hal tersebut tak sampai mengganggu penerbangan.

Baca Juga: Anies Baswedan: 329 KK Mengungsi karena Banjir Jakarta

"Tergenangnya di runway strip. Saat ini sudah kering. Mulai jam 9 pagi itu sudah kita buka lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi hal yang lebih parah, pihaknya sementara membuat tanggul-tanggul pasir hingga menguatkan sistem drainase.

"Pendalaman kolam sudah. Ke penguatan tanggul pasir untuk mencegah masuk runway. Terus yang diparimeter dalam service root. Kalau di runway itu karena kita takut (air) masuk, jadi disedot begitu," tuturnya.

Dia menambahkan, ada jadwal penerbangan yang delay pada Sabtu pagi, tapi bukan disebabkan genangan air, melainkan cuaca buruk.

Baca Juga: Terendam Banjir, Jalan dari Pejaten ke Kemang dan Mampang Lumpuh Total

Komentar