alexametrics

Umumkan Lowongan Mata-mata di Twitter, Badan Intelijen Dibully

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Suliastini
Umumkan Lowongan Mata-mata di Twitter, Badan Intelijen Dibully
Ilustrasi mata-mata. [shutterstock]

CSIS mengambil kutipan dari novel karangan John le Carr tahun 1986, A Perfect Spy.

Suara.com - Badan Intelijen Keamanan Kanada (CSIS) membuka lowongan untuk agen mata-mata. Menyadur Guardian Sabtu (27/02), mereka mengumumkan hal ini di media sosial.

"Anda bisa menjadi mata-mata yang sempurna. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah penyebab," tulis CSIS sambil mengambil kutipan dari novel karangan John le Carré tahun 1986, A Perfect Spy.

"Apa tujuan Anda? Lihat apakah itu sejalan dengan karier yang memuaskan di #CSIS," tulis iklan itu di Twitter.

Banyak orang menyebut novel A Perfect Spy sebagai otobiografi John le Carré. Tokoh sentral novel ini adalah Magnus Pym, seorang mata-mata Inggris yang juga menjual informasi penting pada Cekoslovakia.

Baca Juga: Asuransi Sompo Buka Lowongan Kerja, Buruan Daftar

Buku itu diakhiri dengan Pym yang menembak kepalanya sendiri setelah bertahun-tahun bermuka dua.

Mengingat novel itu berakhir tragis dan kini dipakai CSIS untuk mengiklankan lowongan mata-mata, netizen langsung menghujat dan mengatakan admin kemungkinan tidak menguasai materi.

"Apakah kalian sudah membaca buku itu?" cuit salah satu netizen.

"Jadi calon mata-mata Kanada harus terinspirasi oleh kisah seseorang yang bekerja sebagai agen ganda dan mengkhianati negaranya? Ini paling menarik - apa yang ingin Anda sampaikan di sini?" balas yang lain.

Pihak CSIS menganggapi kritikan dan mengatakan cuitan itu diunggah untuk memberi penghargaan pada David Cornwell, nama asli sang penulis.

Baca Juga: Ada yang Janggal, Lowongan Kerja di Tempat Ini Bikin Pelamar Mikir Keras

"Tweet itu adalah penghargaan sederhana untuk novelis mata-mata terkenal, David Cornwell, yang menulis banyak buku dan baru saja meninggal. Novel Cornwell menginspirasi generasi individu untuk meniti karier sebagai intelijen."

"Tak perlu dikatakan lagi bahwa kami mendorong individu yang tertarik mengejar karir di bidang keamanan dan intelijen untuk melakukannya demi melindungi negara mereka dan menjaga keamanan sesama warga Kanada."

Komentar