alexametrics

Luas Karhutla di Nagan Raya Aceh Sudah Capai 17,5 Hektare

Siswanto
Luas Karhutla di Nagan Raya Aceh Sudah Capai 17,5 Hektare
Ilustrasi kebakaran hutan. [Antara]

Sulitnya akses jalan yang tidak bisa dilintasi mobil pemadam kebakaran, juga menyebabkan upaya pemadaman terkendala, katanya.

Suara.com - Badan Penanggulangan Bencana Aceh menyatakan luas kebakaran hutan dan lahan  di Kabupaten Nagan Raya Aceh hingga Rabu (3/3/2021) mencapai 17,5 hektare.

“Saat ini upaya pemadaman untuk sebagian lokasi kebakaran masih terus dilakukan,” kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi BPBA Haslinda Juwita.

Adapun sebaran lokasi kebakaran lahan di Nagan Raya, kata dia, meliputi di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir dengan areal yang sudah terbakar mencapai tujuh hektare.

Kemudian di Desa Blang Puuk Kecamatan Beutong Ateuh mencapai sekitar dua hektare.

Baca Juga: Mantan Anggota DPRD Bawa Sabu 5 Kilogram Terancam Pidana Mati

Sedangkan di Kecamatan Kuala Nagan Raya, tersebar di tiga desa meliputi Desa Kuta Makmur seluas dua hektare,k Desa Puloe Ie sekitar 5,5 hektare, serta Desa Blang Baro luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare.

Haslinda Juwita juga menjelaskan upaya pemadaman di sejumlah lokasi kebakaran lahan tersebut melibatkan petugas dari BPBD Kabupaten Nagan Raya dibantu TNI, Polri, masyarakat, KPH Wilayah IV Aceh Barat, Brimob Kompi V Kuala menggunakan tiga unit mobil pemadam kebakaran, termasuk empat unit mesin pompa air.

“Sulitnya akses jalan yang tidak bisa dilintasi mobil pemadam kebakaran, juga menyebabkan upaya pemadaman terkendala,” katanya.

Selain itu, persoalan terbatasnya sumber air dan selang untuk melakukan upaya pemadaman, juga menyebabkan proses pemadaman kebakaran lahan di Nagan Raya juga ikut terkendala, tuturnya. [Antara]

Baca Juga: Duh! Mantan Anggota DPRD Tertangkap Bawa 5 Kilogram Sabu

Komentar