alexametrics

Berikan Support untuk Tangani Covid, Indonesia Kirim 200 Oksigen ke India

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Berikan Support untuk Tangani Covid, Indonesia Kirim 200 Oksigen ke India
Menlu Retno Marsudi didampingi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito / [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Retno menyebut pengiriman bantuan itu juga merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Suara.com - Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan hibah kemanusiaan ke India untuk penanganan pandemi virus Corona (Covid-19), Rabu (12/5/2021). Adapun bantuan yang dikirim itu berupa ratusan konsentrator oksigen.

Bantuan tersebut dikirim dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia ke India pada pukul 14.00 WIB.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti turut mengawal proses pengiriman bantuan itu.

Retno menyebut pengiriman bantuan itu juga merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Efektif Lawan Varian Baru Virus Corona India

"Bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ini berupa 200 unit oksigen concentrator," kata Menlu Retno dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021).

Retno menurutkan, Pemerintah Indonesia bersama asosiasi dan perlaku industri lokal juga telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, India dilanda krisis oksigen karena terjadinya tsunami kasus Covid-19. Pemerintah India mencatat penyebaran virus di wilayahnya mencapai 20 juta kasus.

Melihat kondisi itu, Indonesia pun mengirimkan bantuan sebagai bentuk solidaritas kepada India. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban India dalam menangani pandemi Covid-19.

"Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India," ujarnya.

Baca Juga: Fakta Unik Rumah Putri Orang Terkaya di Asia, Ada Kamar Bertema Berlian

Kepada Manoj, Menlu Retno mengungkapkan Indonesia akan selalu memberikan dukungan kepada India di tengah pandemi Covid-19. Pemberian hibah bantuan kemanusiaan ini menjadi wujud kepedulian Indonesia kepada India dalam kondisi sulit.

"Now, its the time to show our support. Indonesia will stand with India in this difficult time," tuturnya.

Komentar