facebook

Cara Daftar KUR Kartu Prakerja Rp 10 Juta untuk Penerima Kartu Prakerja Gelombang 18

Rifan Aditya
Cara Daftar KUR Kartu Prakerja Rp 10 Juta untuk Penerima Kartu Prakerja Gelombang 18
Cara Daftar KUR Kartu Prakerja Rp 10 Juta untuk Penerima Kartu Prakerja Gelombang 18 - Ilustrasi Kartu Prakerja. (Antaranews.com)

Penerima Kartu Prakerja Gelombang 18 bisa mengajukan kredit usaha rakyat atau KUR senilai Rp 10 juta.

Suara.com - Kabar gembira bagi anda yang ingin mendaftarkan diri dalam program penerimaan Kartu Prakerja Gelombang 18. Nantinya penerima Kartu Prakerja Gelombang 18 bisa mengajukan kredit usaha rakyat atau KUR senilai Rp 10 juta. Bagaimana cara daftar KUR Kartu Prakerja ini?

Pengajuan KUR Kartu Prakerja Rp10 juta hanya bisa dilakukan bagi penerima kartu prakerja tahun 2021 atau Kartu Prakerja Gelombang 18. KUR kartu prakerja merupakan program pemerintah untuk memfasilitasi alumni pelatihan kartu prakerja yang ingin menjadi wirausaha dengan modal murah.

Melansir www.prakerja.com, pendaftaran KUR Kartu Prakerja bisa dilakukan oleh penerima program Kartu Prakerja Gelombang 18 dengan mendaftar melalui e-form BNI.  Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses https://eform.bni.co.id.

Langkah selanjutnya, peserta cukup mengisi form yang disediakan oleh Bank BNI. Kemudian pihak bank akan melakukan verifikasi berdasarkan data yang diterima melalui form. Seluruh proses penyaluran KUR dilaksanakan oleh Bank BNI sebagai penanggung jawab.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 18: Cara Daftar, prakerja.go.id Diupdate, Kuota 5 Juta

Pendaftaran bisa dilakukan setelah mendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 18 yang direncanakan bakal dibuka pertengahan Juli mendatang. Dengan demikian, syaratpendaftaran KUR Kartu Prakerja Rp 10 juta adalah sebagai berikut.

  1. WNI Berusia 18 tahun ke atas;
  2. Terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja Gelombang 18;
  3. Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru maupun terkena PHK);
  4. Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja;
  5. Wirausaha Tidak sedang mengikuti pendidikan formal;
  6. Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, maupun BPUM;
  7. Bukan TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, dan lainnya.

BNI Kembali ditunjuk sebagai lembaga perbankan penyalur KUR tahun ini. Sebelumnya pada April 2021 BNI pernah mencatat 387.000 alumni prakerja berminat menjadi wirausahawan. Dari jumlah tersebut, 13.000 di antaranya dikirimi SMS berisi ajakan berwirausaha dengan bantuan modal Rp10 juta.

Lebih lanjut penerima KUR Kartu Prakerja ini tidak membutuhkan agunan. Lama usaha juga tidak dibatasi minimal enam bulan.

Pemerintah terlah menyiapkan dana setidaknya Rp 41,8 triliun untuk merealisasikan KUR prakerja ini. Penerima bisa diberikan kredit maksimal Rp 10 juta.

Itulah cara daftar KUR Kartu Prakerja Rp 10 juta yang dapat diikuti oleh penerima Kartu Prakerja Gelombang 18.

Baca Juga: Rekor Muri, BNI Akad Massal secara Virtual dengan 750 BNI Agen46 Penerima KUR

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Komentar