facebook

Jokowi Ngaku Dapat Julukan Klemar-klemer hingga Bapak Bipang, Begini Reaksi Ketua BEM UI

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Jokowi Ngaku Dapat Julukan Klemar-klemer hingga Bapak Bipang, Begini Reaksi Ketua BEM UI
Leon Alvinda Putra, Ketua BEM UI pemberi gelar Jokowi King of Lip Service

"Makanya kami sebut pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan oleh beliau hanya sekedar Lip Service saja," pungkas dia.

Suara.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia menyematkan julukan The King of Lip Service kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini. Dalam konteks tersebut, BEM UI tidak sepakat dengan pernyataan sang Presiden ihwal julukan-julukan lain seperti klemar-klemer, plonga-plongo, otoriter, bebek lumpuh, dan bapak bipang.

Ketua BEM UI, Leon Alfinda Putra menyatakan, julukan The King of Lip Service bentuk kritik terhadap Jokowi dalam konteks seorang Presiden. Sebab, apa yang dilakukan Jokowi melalui sejumlah kebijakannya tidak terealiasasi.

"Saya kurang sepakat dengan pendapat itu, ketika The King of Lip Service  ini disamakan dengan serangan personal ke beliau (Jokowi) seperti itu klemar-klemer, plonga plongo dan lain sebagainya," kata Leon dalam diskusi daring bertajuk 'Demokrasi dan Gerakan Sosial 4.0 di Masa Pandemi', Jumat (9/7/2021).

Leon berpendapat, ada dua hal berbeda atas serangan persoal berupa julukan klemar klemer dan lain sebagainya dengan julukan The King of Lip Service. Dalam hal ini, tambah Leon, banyak sekali yang harus dikawal oleh BEM UI maupun aliansi lainnya untuk menyelesaikan persoalan yang ada.

Baca Juga: Telak! Fadli Zon Suruh Jokowi Menyerah Hadapi COVID-19: Kibarkan Bendera Putih

"Kita dengar pernyataan-pernyataan dari Pak Jokowi yang seperti menjadi angin segar untuk menyelesaikan permasalahan itu, tapi ternyata perkataan-perkataan tersebut tidak terealisasikan atau bertolak belakang dengan kondisi yang terjadi di realita," jelasnya.

Atas hal tersebut, maka julukan The King of Lip Service disematkan pada diri Presien Jokowi. Sebab, beber Leon, julukan itu bukan sekedar asal-asalan belaka.

"Makanya kami sebut pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan oleh beliau hanya sekedar Lip Service saja," pungkas dia.

6 Julukan Lama Jokowi

Sebelumnya, Jokowi mengklaim sudah sering mendapat julukan yang cenderung negatif. Julukan itu seperti  klemar-klemer, plonga-plongo, otoriter, bebek lumpuh, dan bapak bipang. Pernyataan itu disampaikan Jokowi kritikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang menjulukinya sebagai The King of Lip Service.

Baca Juga: Pesan Fadli Zon ke Jokowi: Kibarkan Bendera Putih dan Buka Tangan Minta Bantuan

Dengan santai dan melepas senyum, Jokowi merespons kritik yang menurutnya merupakan bentuk dari ekspresi berdemokrasi para mahasiswa itu.

Komentar