alexametrics

Ditinggal karena Ortu Dirawat, Kondisi Terkini 3 Anak Pasien Covid-19 yang Isoman di Rumah

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Ditinggal karena Ortu Dirawat, Kondisi Terkini 3 Anak Pasien Covid-19 yang Isoman di Rumah
Anak-anak terdampak Covid-19 yang mendapat pendampingan trauma healing Satgas Sama Rama Polresta Malang. (dok polisi)

"Tim telah memberikan trauma healing kepada tiga anak, di mana orang tuanya berada di RS dan anak-anak tersebut di rumah dalam kondisi covid..."

Suara.com - Tiga anak di Kelurahan Buring, Kecamatan Kedung Kandang, Malang, Jawa Timur akhirnya menerima pendampingan psikologi. Ketiga anak tersebut sebelumnya menjalani isolasi mandiri tanpa pendamping orang tua karena ayahnya tengah di rawat di rumah sakit.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan pendamping psikologis berupa trauma healing itu diberikan tim Sama Ramah atau Satgas Malang Raya Trauma Healing. Mereka merupakan personel gabungan dari Polri, Polkesma, dan Pemkot Malang.

"Tim telah memberikan trauma healing kepada tiga anak, di mana orang tuanya berada di RS dan anak-anak tersebut di rumah dalam kondisi covid," kata Budi kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Budi menuturkan, tim Sama Ramah berjumlah 38 personel dan disebar di lima kecamatan yang meliput; Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing, dan Kecamatan Kedung Kandang. Mereka ditugaskan memberikan pendampingan psikologi bagi anak-anak terdampak Covid-19.

Baca Juga: Tekan Penyebaran, Puluhan Tahanan di Polres Kota Malang Disuntik Vaksin Covid

"Mudah-mudahan dengan di launchingnya Sama Rama ini dapat membantu masyarakat di Kota Malang," katanya.

Isoman Tanpa Orang Tua

Sebelumnya tiga anak di Perumahan Puskopad, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedung Kandang dikabarkan menjalani isolasi mandiri atau isoman karena positif Covid-19-19 tanpa kedua orang tuanya.

Hal itu harus dijalaninya lantaran sang ayah berinisial SB (52) masih menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19-19 di RSUD Kota Malang. Sementara ibunya IKW (50) telah meninggal dunia, pada 17 Juli 2021 lalu.

Ketiga anak itu, yakni anak laki-laki sulung berinisial SA, anak laki-laki kedua inisial KH dan anak perempuan bungsu inisial MA. Selama menjalani isoman, kebutuhan makan mereka sehari-harinya dibantu oleh warga perumahan. 

Baca Juga: Kasus Dugaan Penganiayaan Karyawati di Malang, Polisi Amankan Bos Kelab Malam

Ketua RT setempat Pudjo Lestari mengatakan, ketiganya pada tanggal 3 Juli 2021 sebenarnya isoman dengan kedua orang tua mereka.

Komentar