alexametrics

Cerita Wanita Israel yang Donorkan Ginjalnya untuk Pasien Arab

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Cerita Wanita Israel yang Donorkan Ginjalnya untuk Pasien Arab
Ilustrasi operasi. (Pixabay)

Abraham Accords memberi harapan baru bagi mereka yang membutuhkan donor organ.

Suara.com - Seorang wanita Israel akan mendonorkan ginjalnya pada seorang pasien di Abu Dhabi dalam pertukaran organ pertama sejak normalisasi hubungan dengan Uni Emirat Arab.

Shani Markowitz Manshar, 39, akan menjalani operasi di Pusat Medis Sheba dekat Tel Aviv minggu ini untuk memberikan organnya kepada penerima di Abu Dhabi, Ynet melaporkan.

Menyadur Jewish News Selasa (27/07), program donasi organ yang sama akan dilakukan pada pasien lain di Kampus Perawatan Kesehatan Rambam di Haifa.

Ibu Manshar, yang juga membutuhkan transplantasi ginjal, akan menerima organ dari Kampus Perawatan Kesehatan Rambam sebagai bagian dari program pertukaran.

Baca Juga: Bucin Level Surga, Istri Ini Rela Donor Ginjal Untuk Suami

Pusat Transplantasi Nasional Israel mengatakan ada lebih dari 1.000 orang Israel yang menunggu transplantasi organ di mana sebagian besar sedang menunggu ginjal yang cocok.

Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (Shutterstock)

Eitan Moore, profesor di Pusat Transplantasi Sheba mengatakan pertukaran ini bisa terwujud karena Abraham Accord atau Kesepakatan Abraham.

“Sekarang saya dapat berbicara dengan rekan-rekan saya di Abu Dhabi dengan bebas, berkat Kesepakatan Abraham,” katanya, menurut Haaretz.

“Ini adalah langkah yang dapat mempromosikan perdamaian. Ketika saya berbicara dengan para dokter dari Abu Dhabi, mereka mengatakan ikut senang menjadi mitra untuk pertama kalinya.”

UEA dan Bahrain termasuk di antara negara-negara yang bergabung dengan Kesepakatan Abraham, yang melihat pembentukan hubungan diplomatik dengan Israel. Maroko dan Sudan mengikutinya.

Baca Juga: Ingin Bantu Sesama, Pria Ini Rela Donor Ginjal dan Hati

Komentar