alexametrics

8 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit: Candi Bajang Ratu, Candi Tikus hingga Candi Sukuh

Rifan Aditya
8 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit: Candi Bajang Ratu, Candi Tikus hingga Candi Sukuh
Candi peninggalan Kerajaan Majapahit - Candi Tikus, Trowulan [Suara.com/ukirsari]

Apa saja candi peninggalan Kerajaan Majapahit?

Suara.com - Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar yang ada di Indonesia, kerajaan Hindu-Budha terakhir di nusantara ini diperkirakan berdiri pada tahun 1293-1500 masehi. Lalu apa saja candi peninggalan Kerajaan Majapahit?

Kerajaan yang didirikan oleh seseorang bernama Raden Wijaya ini memiliki pusat aktivitas kerajaan di Jawa Timur, Raden Wijaya adalah seorang menantu dari raja terkahir kerajaan Singasari.

Bukti eksistensi Kerajaan Majapahit berupa candi-candi yang tersebar di daratan pulau Jawa. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang peninggalan Kerajaan Majapahit dalam bentuk candi, mari simak!

Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

Baca Juga: Struktur Batuan Diduga Stupa Candi di Gayamharjo Jadi Situs Mataram Kuno Tertinggi Jogja

Seperti yang kita ketahui bahwa Kerajaan Majapahit memiliki cakupan wilayah kekuasaan yang cukup luas, berikut adalah beberapa wilayah kekuasaan kerajaan menurut Kakawin Negarakertagama meliputi Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura), dan sebagian Kepulauan Filipina.

Dikarenakan cangkupan wilayah yang sangat luas tentunya membuat banyak sekali bukti peninggalan kerajaan yang sampai saat ini masih berbentuk utuh, berikut adalah Candi dan peninggalan kerajaan Majapahit yang perlu anda ketahui:

1.       Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu [instagram @bejijongmajapahit]
Candi Bajang Ratu [instagram @bejijongmajapahit]

Candi Bajang Ratu merupakan sebuah pintu yang berbentuk gapura, sebagai penanda bahwa wilayah di dalamnya merupakan wilayah suci yang disakralkan. Ini adalah peninggalan Kerajaan Majapahit yang pertama.

Struktur bangunan vertikal yang ada pada candi ini terbagi menjadi 3 bagian, yakni bagian kaki, badan dan atap. Candi Bajang Ratu terletak di Desa Temon, Trowulan, Mojokerto.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap dengan Bukti Peninggalannya

2.       Candi Tikus

Komentar