alexametrics

Diam-diam, Ratu Elizabeth II Rutin Kirim Surat Persahabatan untuk Kim Jong Un

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Diam-diam, Ratu Elizabeth II Rutin Kirim Surat Persahabatan untuk Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un . [AFP]

Ratu Elizabeth II mengirim surat itu ketika Korea Utara merayakan Hari Nasional.

Suara.com - Ratu Elizabeth II mengirim surat persahabatan kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un saat negaranya memperingati Hari Nasional pada pekan lalu.

Menyadur Daily Mail Rabu (15/9/2021), hal ini dikonfirmasi oleh Istana Buckingham, di mana Ratu Elizabeth II mengirimnya melalui Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan.

Media Korea Utara mengatakan pesan itu diterima 7 September, dua hari sebelum negara komunis itu merayakan ulang tahun ke-73.

"Republik Demokratik Rakyat Korea sedang merayakan hari nasionalnya , jadi saya mengirim harapan baik untuk masa depan," bunyi surat tersebut.

Baca Juga: Usai Uji Rudal Jarak Jauh, Korea Utara Kini Tembakkan Rudal Balistik

Ratu sebelumnya juga telah menandai hari itu dengan pesan serupa, namun, ini yang pertama kalinya dipublikasikan.

Ratu Elizabeth II. (Shutterstock)
Ratu Elizabeth II. (Shutterstock)

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ratu telah mengirim pesan kepada rakyat DPRK pada kesempatan hari nasional mereka," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri.

Seorang pakar mengatakan pada The Telegraph bahwa ini adalah 'waktu yang menarik' bagi Inggris untuk mengirimkan 'persahabatan' melalui Yang Mulia.

"Ini adalah waktu yang menarik bagi kami untuk mengirim isyarat persahabatan," kata Aidan Foster-Carter, pakar Korea Utara dan peneliti senior kehormatan dalam sosiologi di Universitas Leeds.

Hari Nasional Korea Utara tahun ini menampilkan parade militer malam hari di mana pemimpin mereka, Kim Jong Un tersenyum di alun-alun Kim Il Sung di ibu kota Pyongyang.

Baca Juga: Korea Utara Berhasil Lakukan Uji Coba Rudal Jarak Jauh

Pesan Ratu juga dimuat di surat kabar resmi, Rodong Sinmun, pada hari Minggu. Jaringan media pemerintah KCNA juga mengumumkan pesan Ratu dalam sebuah laporan berita.

Komentar