facebook

Doa yang Bisa Membuat Sholat Batal

Rifan Aditya
Doa yang Bisa Membuat Sholat Batal
Doa yang Bisa Membuat Sholat Batal - Ilustrasi sujud (shutterstock)

Sholat merupakan rukun Islam yang kedua dan menjadi amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Tahukah kalian bahwa ada doa yang bisa membuat sholat batal.

Suara.com - Sholat merupakan rukun Islam yang kedua dan menjadi amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Tahukah kalian bahwa ada doa yang bisa membuat sholat batal.

Dalam melaksanakan sholat, kita harus selalu memperhatikan tata tertib dan menjauhi segala hal yang dapat membatalkan sholat kita. Jangan sampai kalian, salah membaca doa, seperti doa yang bisa membuat sholat batal.

Hal itu selaras dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 238 yang berbunyi, "Peliharalah semua sholat dan sholat wustha. Dan laksanakanlah (sholat) karena Allah dengan khusyuk." (QS. Al-Baqarah: 238)

Sholat merupakan proses berkomunikasi antara Allah SWT dengan hamba-Nya. Oleh karena itu kita harus senantiasa bersungguh-sungguh dalam melaksanakan sholat.

Baca Juga: Sependapat Ustaz Sofyan, Buya Yahya Larang Umat Muslim Berwisata ke Candi Borobudur

Bahkan dalam gerakan sholat, kita disunnahkan untuk memanjatkan doa terlebih pada saat sujud. Sujud dalam sholat menjadi waktu paling dekat dengan Allah SWT. Harus diperhatikan pula bagaimana berdoa saat sujud.

Anjuran untuk berdoa saat sujud telah tercatat dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Sesungguhnya aku dilarang untuk membaca Al-Qur’an ketika ruku’ dan sujud, adapun ketika ruku’, agungkan kamulah Rabb dan adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan.”(HR. Muslim, Nasa’i dan Abu Dawud)

Pengasuh Pesantren Al Bahjah, Buya Yahya berpendapat bahwa ada dua hal yang harus diperhatikan ketika berdoa saat sujud. Hal yang pertama adalah saat tidak menjadi imam atau makmum.

Buya Yahya berpendapat bahwa, “Kalau jadi imam anda memperpanjang adalah tidak diperkenankan, bahkan sebagian mengatakan dzolim kepada jamaah”.

Baca Juga: Hukum Islam Jamak Sholat Maghrib dengan Isya karena Terjebak Macet, Bolehkah?

Jika jadi makmum juga tidak boleh untuk memperpanjang doanya karena harus mengikuti imam dalam sholat. Jika tidak hal itu dapat membatalkan sholat.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah cara membacanya. Buya Yahya berpendapat bahwa doa saat sujud diperbolehkan menggunakan bahasa Arab, bahasa Indonesia maupun bahasa yang dimengerti.

Doa sujud dapat dilakukan saat sedang sholat sendiri karena itu rukun yang diperbolehkan untuk memperpanjang sujud.

Itulah informasi singkat tentang bagaimana doa yang bisa membuat sholat batal. Semoga informasi tersebut dapat menambah tingkat keimanan kita kepada Allah SWT dan selalu mentaati seluruh perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar