alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Luhut Bongkar Jokowi Umur 10 Tahun Sudah Hafal Alquran 40 Juz, Benarkah?

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Luhut Bongkar Jokowi Umur 10 Tahun Sudah Hafal Alquran 40 Juz, Benarkah?
CEK FAKTA Luhut Bongkar Jokowi Umur 10 Tahun Sudah Hafal Alquran 40 Juz. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo telah menghafal Alquran 40 juz sejak umur 10 tahun. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo telah menghafal Alquran 40 juz sejak umur 10 tahun.

Narasi ini dibagikan oleh akun Twitter Kimberley (@Kimberley20101). Akun ini mengunggah cuitan berupa narasi dengan foto tangkapan layar Luhut Binsar Pandjaitan pada 14 September 2021.

Dalam narasinya, Luhut membantah jika Presiden Jokowi anti Islam. Ia bahkan membongkar Presiden Jokowi di umur 10 tahun sudah menghafal 40 juz Alquran.

Foto ini memliki judul "Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz". Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 107 balasan, 107 retweet, dan 312 suka.

Baca Juga: TOP 3 NEWS: Momen BTS Hadiri Sidang PBB, Heboh Penganiayaan M Kece oleh Irjen Napoleon

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Anekdot
Maksud hati mau buat orang lain kagum. Tapi apa daya, kebodohan lah yang dia tampakkan
Al Quran itu 30 Juz, pung. Sisa 10 juz itu surat apa? HGU?

Narasi dalam foto:

Pigin ktwa tkut cebong marah hi hi alpatekah
Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz

CEK FAKTA Luhut Bongkar Jokowi Umur 10 Tahun Sudah Hafal Alquran 40 Juz. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Luhut Bongkar Jokowi Umur 10 Tahun Sudah Hafal Alquran 40 Juz. (Turnbackhoax.id)

PENJELASAN

Baca Juga: Menpora Zainudin Amali Janji Berkantor di Papua Selama PON XX 2021

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi Luhut mengatakan Presiden Jokowi telah menghafal Alquran 40 juz sejak umur 10 tahun tidak benar.

Faktanya, foto tangkapan layar cuitan itu adalah hoaks lama yang kembali beredar. Foto Luhut Binsar Pandjaitan dalam tangkapan layar itu pernah dimuat pada artikel CNBC Indonesia.

Artikel itu berjudul "Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI". Artikel ini dipublikasikan pada 14 agustus 2018.

Sementara itu, dalam Quran terdapat 30 juz dengan nama yang berbeda, bukan 40 juz seperti yang disebutkan dalam foto tangkapan layar itu.

Isu serupa sebelumnya pernah dibahas dalam dua artikel Turnbackhoax.id. Pertama berjudul "[SALAH] Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz", terbit pada 31 Agustus 2020.

Lalu artikel "[SALAH] Gambar artikel berjudul Luhut Sebut Sejak Kecil Jokowi Sudah Hafal 40 Juz Alquran” terbit pada 8 April 2020.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi Luhut mengatakan Presiden Jokowi telah menghafal Alquran 40 juz sejak umur 10 tahun adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar