alexametrics

5 Amalan Maulid Nabi Meskipun Sunnah Tapi Penuh Berkah

Rifan Aditya
5 Amalan Maulid Nabi Meskipun Sunnah Tapi Penuh Berkah
5 Amalan Maulid Nabi - Ilustrasi wanita muslim berdoa, niat puasa, dzikir, wanita berjilbab (Elemen envato)

Tak terkecuali melakukan beberapa amalan Maulid Nabi sebagaimana yang dianjurkan.

Suara.com - Pada bulan Rabiul Awal, seluruh umat muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi dimeriahkan dengan berbagai acara keagamaan yang disesuaikan dengan tradisi sebuah tempat. Tak terkecuali melakukan beberapa amalan Maulid Nabi sebagaimana yang dianjurkan.

Menurut NU Online, perayaan Maulid Nabi memiliki hukum yang sunnah karena tujuannya adalah meneladani Nabi Muhammad SAW dan bershalawat kepadanya. Lalu apa saja amalan Maulid Nabi yang dapat dikerjakan umat Islam?

Adapun beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan sebagai bentuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Berikut ini amalan sunnah dalam memperingati Maulid Nabi yang perlu diketahui.

1.     Membaca shalawat

Baca Juga: Tradisi Perayaan Maulid Nabi di Indonesia: Grebeg Mulud Hingga Baayun Maulid

Amalan Maulid Nabi yang pertama,  jelas, adalah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Anjuran untuk melakukan sholawat nabi sebagaimana telah tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56).

2.     Berpuasa sunnah

Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa di hari Senin yang mana merupakan hari kelahirannya. Puasa sunnah dapat dibarengi dengan hari Senin dan Kamis maupun puasa Yaumul Bidh pada tengah bulan yakni 13-15.

Diriwayatkan dari Abu Qatadah al-Anshari bahwa suatu ketika Nabi Muhammad SAW ditanyai mengenai kebiasaannya berpuasa di hari Senin, Nabi Muhammad SAW pun bersabda “Di hari Senin-lah aku dilahirkan dan di hari Senin-lah diturunkan (Al-Qur’an) kepadaku” (HR Muslim).

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Maulid Nabi 2021, 12 Rabiul Awal 1443 H Kirim ke Teman dan Keluarga

3.     Memperbanyak sedekah

Komentar