alexametrics

Heboh Video Tsunami Lava di La Palma, Begini Penampakannya!

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Heboh Video Tsunami Lava di La Palma, Begini Penampakannya!
Tsunami lava di La Palma. (Twitter/@involcan)

Gunung berapi memuntahkan lahar panas yang disamakan dengan tsunami lava.

Suara.com - Sebuah video tsunami lava dibagikan di media sosial dan langsung menjadi viral. Muntahan lahar panas itu berasal dari gunung berapi di La Palma.

Akun Twitter @invlocan membagikan video 34 detik yang mendebarkan ketika lava menerjang segala benda di sekitarnya tanpa ampun.

Dalam unggahan itu disebutkan bahwa kecepatan luapan lahar panas itu sangat tinggi hingga disetarakan dengan tsunami.

"Salah satu kru kami berhasil merekam tsunami lava dalam kahidupan nyata hari ini. Kecepatan dan luapan saluran lava luar biasa."

Baca Juga: Gunung Cumbre Vieja Meletus, Aliran Lahar Ciptakan Semenanjung Baru di La Palma

Sementara itu, Presiden Angel Víctor Torres mengatakan tak ada tanda-tanda berakhirnya gunung meletus di pulau itu, meskipun hari ini menandai satu bulan peristiwa itu terjadi.

“Tidak ada tanda-tanda bahwa letusan akan segera berakhir meskipun ini adalah keinginan terbesar semua orang,” katanya, menyadur Al Jazeera Senin (18/10/2021).

Spanish National Geographic Institute melaporkan ada 42 gempa seismik di pulau itu pada hari Minggu dengan yang terbesar berkekuatan 4,3 SR.

Aliran lava telah membuang limbah ke lebih dari 742 hektar (1.833 hektar) tanah dan menghancurkan hampir 2.000 bangunan di La Palma sejak gunung berapi mulai meletus pada 19 September.

Sekitar 7.000 orang dievakuasi dari rumah mereka yang merupakan bagian dari kepulauan Kepulauan Canary di barat laut Afrika.

Baca Juga: Wilayah Sekitarnya Hangus Dilahap Lahar, Satu Rumah di Pulau Canary Ini Masih Utuh

Maskapai Binter mengatakan telah membatalkan semua penerbangannya ke La Palma hingga pukul 1 siang (12:00 GMT) pada hari Minggu karena abu dari gunung berapi.

"Hampir setengah penerbangan ke pulau itu dibatalkan," kata operator bandara negara bagian Aena sambil menyebut bandara di sana tetap buka.

Komentar