alexametrics

Rachel Vennya Lolos Karantina, Satgas Covid-19 Tunggu Hasil Investigasi

Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Rachel Vennya Lolos Karantina, Satgas Covid-19 Tunggu Hasil Investigasi
Rachel Vennya. (Instagram/rachelvennya)

Rachel dan dua orang lainnya akan diperiksa pada Kamis (21/10).

Suara.com - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan investigasi terkait kasus selebgram Rachel Vennya yang melanggar aturan karantina kesehatan usai pulang dari luar negeri masih terus berjalan.

Wiku belum mau berkomentar banyak sebelum petugas karantina yang diawasi oleh komando tugas gabungan terpadu (Kogasgabpad) yang terdiri dari unsur TNI-Polri serta kementerian dan lembaga terkait.

"Mohon mengikuti update info dari pihak RSDC saja, tunggu investigasinya," kata Wiku saat dihubungi (19/10/2021).

Sebelumnya Wiku memastikan setiap orang yang melanggar proses karantina kesehatan akan diproses hukum tanpa pandang bulu.

Baca Juga: Anggap Rachel Vennya Bohong, Nikita Mirzani: Lo Mau Ngamanin Siapa Sih?

"Jika ada pihak-pihak yang tidak mengindahkan imbauan untuk karantina maka dapat dikenakan sanksi sebagaimana yang tertera dalam pasal 14 UU No 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular dan pasal 93 UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," ucapnya.

Dalam pasal 14 UU Kekarantinaan menyebut setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dapat dipidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000.

Sementara, kepolisian akan memanggil selebgram Rachel Vennya untuk diperiksa, polisi juga akan memanggil manager dan pacar sang selebgram, Maulida Khairunnia dan Salim Nauderer.

Rachel Vennya (Youtube.com)
Rachel Vennya (Youtube.com)

"Jadi ada Rachel Vennya, Salim dan Maulida (diperiksa). Tapi surat panggilannya kepada Rachel Vennya saja," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (16/10/2021).

Rachel dan dua orang lainnya akan diperiksa pada Kamis (21/10). Semula, polisi akan memeriksa Rachel pada Rabu (20/10), namun diundur karena hari libur.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Pastikan Pindah Negara Kalau Rachel Vennya Jadi Duta Karantina

Dibantu Oknum TNI

Sebelumnya, anggota TNI berinisial FS resmi dinonaktifkan dari penugasannya di Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta karena diduga membantu Vennya kabur karantina setelah pulang dari luar negeri.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, FS dinonaktifkan karena yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan.

"Dinonaktifkan dari penugasan di satgas bandara, karena masih dalam pemeriksaan internal satgas Covid-19," kata Herwin saat dikonfirmasi Suara.com, Jumat (15/10).

Kendati begitu, FS masih berstatus sebagai anggota TNI aktif. Saat ini ia masih menjalani penyelidikan guna menguak keterlibatannya dalam membantu Rachel Vennya kabur dari karantina.

Komentar