alexametrics

Berkasnya Telah Dilimpahkan ke Kejagung, Munarman Segera Disidang Kasus Terorisme

Erick Tanjung | Muhammad Yasir
Berkasnya Telah Dilimpahkan ke Kejagung, Munarman Segera Disidang Kasus Terorisme
Munarman eks Sekretaris Umum FPI saat ditangkap di rumahnya yang berada di kawasan Pamulang, Tangsel pada Selasa (27/4/2021) sore. [Ist]

"Jadi sudah diserahkan beberapa hari yang lalu dan diterima oleh jaksa penuntut umum," kata Ramadhan.

Suara.com - Densus 88 Antiteror Polri telah menyerahkan berkas perkara Munarman dan barang bukti terkait kasus tindak pidana terorisme ke Kejaksaan Agung RI. Pelimpahan berkas perkara dan barang bukti atau tahap dua itu telah dilakukan pada 29 Oktober 2021.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, pelimpahan tahap dua itu telah diterima Jaksa Penuntut Umum atau JPU dari Kejaksaan Agung RI. Nantinya, JPU akan menyusun surat dakwaan sebelum akhirnya disidangkan.

"Jadi sudah diserahkan beberapa hari yang lalu dan diterima oleh jaksa penuntut umum," kata Ramadhan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/11/2021).

Baiat Teroris

Baca Juga: Densus 88 Mabes Polri Tangkap Terduga Terorisme Anggota JI

Munarman ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di rumahnya yang berlokasi di Perumahan Modern Hills, Cinangka, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4) lalu. Dia selanjutnya digelandang ke Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

Saat ditangkap, Munarman mengenakan baju koko putih dan sarung loreng dengan keadaan kedua matanya ditutup kain hitam serta tangan diborgol. Ia ditangkap diduga terkat kegiatan baiat teroris di tiga kota.

Ramadhan ketika itu menyebut bait tersebut di antaranya dilakukan di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Makassar dan Medan.

"Baiat di Makassar yang ISIS," ungkap Ramadhan.

Bahan Peledak TATP

Baca Juga: Berkas Diterima Kejagung, Munarman Segera Disidang

Dalam kasus ini, Polri mengklaim mengamankan bahan peledak saat melakukan penggeledahan di bekas Markas FPI, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Salah satunya, yakni cairan TATP (triaceton triperoxide) atau biasa dikenal dengan The Mother of Satan.

Komentar