alexametrics

Massa Unjuk Rasa Afganistan Dorong-Dorongan dengan Petugas, Anak Kecil Ikut Terlibat

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Massa Unjuk Rasa Afganistan Dorong-Dorongan dengan Petugas, Anak Kecil Ikut Terlibat
Sejumlah pencari suaka asal Afganistan menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor UNHCR pada Senin (15/11/2021). [Suara.com/Ria Rizki]

Aksi dorong-dorongan tidak dapat terelakkan dalam unjuk rasa para pencari suaka asal Afghanistan dengan petugas keamanan di depan kantor UNHCR.

Suara.com - Aksi dorong-dorongan tidak dapat terelakkan dalam unjuk rasa para pencari suaka asal Afghanistan dengan petugas keamanan di depan kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di dalam kantor, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021). Mereka meminta pihak UNHCR untuk bisa turun dan mendengarkan aspirasi mereka. 

Pantauan Suara.com di lokasi, para pengunjuk rasa awalnya melakukan aksi di jalan kecil yang terletak di samping kantor UNHCR. Namun sekitar pukul 13.30 WIB, massa dengan mayoritas wanita serta anak-anak mencoba untuk menerobos penjagaan para petugas keamanan. 

"Officer come here! Officer come here!" teriak massa. 

Pencari suaka asal Afganistan yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa menggelar unjuk rasa di Kantor perwakilan UNHCR Jakarta pada Senin (15/11/2021). [Suara.com/Ria Rizki]
Pencari suaka asal Afganistan yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa menggelar unjuk rasa di Kantor perwakilan UNHCR Jakarta pada Senin (15/11/2021). [Suara.com/Ria Rizki]

Awalnya, mayoritas ibu-ibu yang berada di depan barisan masih bisa menahan diri. Namun pada akhirnya, mereka dibantu oleh massa pria yang menempatkan diri di belakang barisan. Alhasil 'pagar' yang dibuat oleh para polwan serta srikandi Satpol PP pun jebol. 

Baca Juga: Kembali Unjuk Rasa, Pencari Suaka Afghanistan Ingin Dipindahkan Ke Negara Lain

Satpam dari tempat kantor UNHCR berada sontak menutupkan pagar kantor karena massa unjuk rasa merangsek ke depan. Kini mereka belum masuk ke dalam kantor UNCHR dan memilih untuk melanjutkan orasi. 

Sebelumnya, ratusan pencari suaka asal Afganistan kembali berunjuk rasa di depan kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021). Mereka menuntut untuk diberangkatkan ke negara ketiga yang terbebas dari konflik perang. 

Pantauan Suara.com di lokasi, ratusan pencari suaka tersebut terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak. Para wanita serta anak-anak memilih untuk duduk dan pria berdiri sambil mendengarkan orasi. 

Mayoritas para wanita muda dan ibu-ibu memegang ppster dengan tulisan tuntutan. 

Salah satu dari ratusan pencari suaka, Rakhima mengatakan mereka sudah 10 tahun hingga lebih tinggal di Indonesia. Selama itu mereka juga kerap meminta UNHCR untuk memberikan bantuan. 

Baca Juga: Khawatir Dikasih Janji Manis Lagi, Pencari Suaka Afganistan Tolak Negosiasi dengan UNHCR

Kata Rakhima, pihaknya sudah membicarakan tuntutannya kepada UNHCR namun tidak pernah ada solusi. 

Komentar