alexametrics

Tanda-Tanda Orang Munafik Menurut Islam, Wajib untuk Diwaspadai

Dany Garjito
Tanda-Tanda Orang Munafik Menurut Islam, Wajib untuk Diwaspadai
Tanda-Tanda Orang Munafik Menurut Islam, Wajib untuk Diwaspadai. Ilustrasi berbohong (Elements Envato)

Agar dapat lebih memahami tanda-tanda orang munafik dalam Islam, simak ulasannya berikut ini.

Suara.com - Tanda-tanda orang munafik wajib untuk dimengerti agar kita dapat terhindar dari salah satu sifat buruk yang dibenci oleh Allah SWT. Berikut ini adalah 5 tanda orang munafik menurut Islam yang dapat kamu pahami.

Sifat munafik merupakan sifat seseorang yang menampakkan sesuatu di depan orang banyak yang tidak sama atau sejalan dengan kebenaran. Orang munafik akan hidup dalam kepura-puraan semata untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Sifat ini sangat tidak disukai oleh Allah SWT.

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran Surat An-Nisa ayat 145 yang menyatakan bahwa orang munafik akan mendapatkan tempat di neraka paling bawah. Allah SWT berfirman:

“Innal-munfiqna fid-darkil-asfali minan-nr, wa lan tajida lahum nar”

Baca Juga: 4 Tanda-Tanda Kucing Mau Melahirkan, Lakukan Hal Ini Agar Anabul Tidak Stres

Artinya: "Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka." (QS. An-Nisa: 145)

Sementara itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda seseorang yang munafik. Dari Abdullah bin Amr RA, “Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tertanam dalam dirinya empat hal, maka ia benar-benar seorang munafik sejati, dan barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal, maka dalam dirinya tertanam satu kemunafikan sehingga ia meninggalkannya, (yaitu) (1) Apabila berbicara ia berdusta (2) Apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati (3) Apabila berjanji ia mengingkari (4) Apabila berdebat ia tidak jujur.”

Dalam hadits Sufyan disebutkan, “Barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal ini maka di dalam dirinya terdapat salah satu ciri kemunafikan”. (HR. Muslim)

Agar dapat lebih memahami tanda-tanda orang munafik dalam Islam, simak ulasannya berikut ini.

1. Berdusta

Baca Juga: 4 Ciri-ciri Kucing Mau Mati, Pemilik Anabul Wajib Siapkan Hati dan Tegar

Ilustrasi berbohong.(Pexels.com)
Ilustrasi berbohong.(Pexels.com)

Berdusta menjadi salah satu sikap munafik yang dilarang dalam Islam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Tanda orang munafik itu ada tiga, apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji ingkar, dan jika dipercaya mengkhianati.” (HR Bukhari)

2. Ingkar

Seseorang yang suka ingkar janji merupakan salah satu ciri-ciri orang yang munafik. Nyatanya janji adalah hal yang hukumnya wajib untuk ditepati. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 91 tentang larangan untuk ingkar janji yang berbunyi:

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah (mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” (QS. An-Nahl: 91)

3. Riya’

Riya’ menjadi tanda-tanda orang munafik. Riya’ merupakan sifat merasa ingin dipuji dihadapan orang lain. Riya’ telah dijelaskan dalam Al-Quran Surat An-Nisa ayat 142 yang berbunyi sebagai berikut.

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allahlah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk salat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali." (QS. An-Nisa: 142)

4. Mempercepat Ibadah

Ilustrasi salat. (Pixabay)
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Sifat munafik seseorang dapat diperhatikan cara melaksanakan sholat. Orang munafik akan terlihat melakukan sholat dengan cepat dan tidak khusyuk. Menanggapi ini, Rasulullah SAW bersabda, “Itulah salat orang munafik. Itulah salat orang munafik. Itulah salat orang munafik. (Yaitu) dia menunggu matahari sampai hampir terbenam kemudian dia berdiri (untuk sholat asar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusyuk sedikitpun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali.”. (HR Muslim)

5. Dengki

Dengki adalah salah satu sifat munafik yang perlu untuk diwaspadai. Sifat dengki telah tercantum dalam Al-Quran Surat Ali Imran ayat 120 yang berbunyi: “Jika kamu memerolah kebaikan, niscaya mereka bersedih hati. Tetapi jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. Sungguh Allah Maha meliputi segala apa yang mereka kerjakan.” (QS. Ali Imran: 120)

Demikian adalah tanda-tanda seseorang munafik dalam Islam sebagaimana yang telah tercantum dalam Al-Quran dan hadist. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan serta dapat dijauhkan dari sifat munafik dalam kehidupan kita. 

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar