alexametrics

Memahami Pengertian Hak dan Kewajiban

Rifan Aditya
Memahami Pengertian Hak dan Kewajiban
Memahami Pengertian Hak dan Kewajiban - Ilustrasi siswa sekolah dasar dan guru (dok istimewa)

Banyak di antara kita yang tidak begitu paham dengan pengertian hak dan kewajiban.

Suara.com - Banyak di antara kita yang tidak begitu paham dengan pengertian hak dan kewajiban. Padahal definisi hak cukup sederhana yaitu mengacu pada apa yang kita peroleh. Sementara kewajiban berkaitan pada apa yang harus kita lakukan.

Hak dan kewajiban memainkan peran kunci dalam setiap masyarakat. Hak dan kewajiban inilah yang memperkuat masyarakat dalam memberikan stabilitas. Maka dari itu pengertian hak dan kewajiban harus diperhatikan benar-benar.

Kedua hal ini juga mengarah pada pengembangan kesadaran sosial orang-orang sebagai makhluk sosial. Hak harus dilihat sebagai hak individu seperti kebebasan. Kewajiban, di sisi lain, adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara atau individu masyarakat.

Ini menyoroti bahwa hak dan kewajiban berada pada dua bagian yang saling terkait, namun berbeda dalam jejaring sosial. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian hak dan kewajiban.

Baca Juga: Pemerintah Hapus Kewajiban Tes PCR untuk Penumpang Pesawat Jawa-Bali

Pengertian Hak

Hak dapat didefinisikan sebagai hak untuk memiliki atau melakukan sesuatu. Hak memungkinkan orang untuk menyadari apa yang menjadi hak mereka dan apa yang tidak berhak mereka lakukan. Dalam masyarakat dan kelompok budaya yang berbeda, ada berbagai hak yang dimiliki setiap individu.

Ini mungkin didukung oleh batas-batas sosial, etika atau hukum. Ketika berbicara tentang hak, seperangkat nilai universal berlaku untuk semua manusia terlepas dari kebangsaan, jenis kelamin, budaya, agama, atau kelompok etnis. Ini dikenal sebagai hak asasi manusia.

Hak asasi manusia berupa undang-undang yang berlaku bagi semua manusia tanpa ada diskriminasi. Adalah kewajiban semua negara untuk menerapkannya dan menciptakan suasana di mana hak asasi manusia dapat dinikmati oleh semua orang. Beberapa dari hak-hak ini adalah hak untuk hidup, hak atas kesetaraan, kebebasan berekspresi, hak atas pendidikan, hak untuk bekerja, hak untuk menikmati hak ekonomi, budaya, dan sosial, dll.

Diyakini bahwa hak-hak meletakkan dasar bagi berfungsinya secara efektif dan stabilitas masyarakat mana pun. Sebagai contoh hak-hak anak  seperti untuk dididik, untuk dicintai dan diasuh. Jika anak diberi kesempatan untuk menikmati hak-haknya, ia akan belajar menjadi warga negara yang baik di masa depan. Saat itulah anak akan melakukan kewajibannya kepada orang lain juga.

Baca Juga: Dear Bunda, Baca Nih Kewajiban Istri Setelah Menikah, Terakhir Jangan Lupa Yah

Pengertian Kewajiban

Komentar