alexametrics

Sejarah Harbolnas 12.12, Banjir Promo dan Diskon Setiap 12 Desember

Rifan Aditya
Sejarah Harbolnas 12.12, Banjir Promo dan Diskon Setiap 12 Desember
Dampak positif dan negatif saat Harbolnas (Shutterstock)

Setiap 12 Desember atau 12.12 dirayakan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Lalu bagaimana sejarah Harbolnas sebenarnya?

Suara.com - Bulan Desember selain dinantikan sebagai bulan pergantian tahun tapi juga ditunggu karena banyak diskon dan promo menarik yang ditawarkan oleh para penjual. Sebab setiap 12 Desember atau 12.12 dirayakan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Lalu bagaimana sejarah Harbolnas sebenarnya?

Simak penjelasan tentang sejarah Harbolnas 12.12 dalam artikel berikut ini.

Sejarah Harbolnas

Di Indonesia, Harbolnas dimulai pada 12.12.12. Tanggal cantik itu menjadi awal mula Harbolnas Indonesia dicetuskan. Setelah itu, setiap tahun, setiap tanggal 12 bulan 12, atau 12 Desember, di Indonesia akan hadir perayaan Harbolnas yang merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional.

Baca Juga: Tokopedia atau Shopee, Siapa Jawara E-Commerce di Indonesia Tahun 2021?

Tahukah kalian bahwa sejarah Harbolnas 12.12 ini ada kaitannya dengan salah satu toko online atau e-commerce terkemuka di Indonesia? 

Harbolnas Pertama Kali Dicetuskan oleh Lazada

Sejarah Harbolnas Indonesia dimulai dari ide Lazada yang ingin memiliki hari khusus belanja dengan tujuan untuk promosi, menarik perhatian lebih banyak konsumen, dan juga untuk meraih keuntungan besar-besaran. Ide itu didengar oleh para e-commerce lain yang tergabung dalam sebuah Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Para e-commerce yang bergabung dalam asosiasi itu antara lain Lazada, Bukalapak, Zalora, Belanja, PinkEmma, dan Berrybenka. Keinginan Lazada untuk mengkampanyekan pesta belanja secara online kepada masyarakat disambut baik oleh e-commerce lainnya yang kemudian berkembang hampir ke seluruh perusahaan ritel e-commerce sampai sekarang untuk mendapatkan keuntungan besar.

Lalu terciptalah Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang selalu dirayakan pada tanggal 12.12. Belakangan, masing-masing e-commerce lainnya juga mencetuskan hari belanjanya sendiri. Seperti 11.11 untuk Shopee, dan lain sebagainya. Umumnya mereka mengambil tanggal yang dinilai cantik, seperti 12.12 itu. 

Baca Juga: Perkembangan ECommerce Dorong Pertumbuhan Berbagai Profesi Baru, Apa Saja?

Alasan Kenapa Harbolnas Sukses

Komentar