alexametrics

5 BLT yang Cair Desember 2021: Diskon Listrik PLN hingga Kartu Sembako

Rifan Aditya
5 BLT yang Cair Desember 2021: Diskon Listrik PLN hingga Kartu Sembako
5 BLT yang Cair Desember 2021: Diskon listrik PLN hingga Kartu Sembako - Ilustrasi BLT, BST, PKH, BNPT, bantuan sosial, bansos. [Suara.com/Ema Rohimah]

Sejumlah bantuan langsung tunai atau BLT masih disalurkan hingga akhir tahun 2021. Apa saja BLT yang cari Desember 2021?

Suara.com - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Desember atau akhir tahun 2021. Hingga waktu tersebut, sejumlah bantuan langsung tunai atau BLT masih disalurkan. Apa saja BLT yang cari Desember 2021?

Beberapa BLT ini merupakan program bantuan sosial reguler yang ditanggung oleh Kemensos. Sementara itu, BLT yang lain masih berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat. Berikut ini lima BLT yang cari Desember 2021.

1. Diskon Listrik PLN

Program stimulus listrik diperpanjang hingga Desember 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh PT PLN Persero melalui akun Twitter resminya @pln_123 pada 16 Oktober 2021 lalu. Program ini rencananya diberikan untuk pelanggan rumah tangga, usaha mikro, kecil & menengah (UMKM) dengan besaran tertentu.

Baca Juga: Update Terbaru! Inilah Daftar Hari Libur Desember 2021

INFOGRAFIS: Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Periode Juli-Desember 2021
INFOGRAFIS: Cara Klaim Diskon Listrik PLN Periode Juli-Desember 2021

2. BLT UMKM

BLT yang cari Desember 2021 yang kedua adalah BLT UMKM. Ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk UMKM kecil atau mikro yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan yang akan diterima oleh setiap UMKM ialah Rp 1,2 juta.

Untuk mengetahui apakah UMKM Anda berhasil lolos dan menerima BLT, Anda bisa mengecek daftar penerima di BLT UMKM Bank BRI melalui eform.bri.co.id/bpum dengan memasukkan nomor KTP atau NIK.

Selain mengecek daftar penerima BPUM dan BLT UMKM secara online, bagi penerima BPUM atau BLT UMKM akan diberitahukan melalui SMS oleh bank penyalur. Setelah menerima SMS, maka Anda harus segera memverifikasi pemberitahuan tersebut ke bank penyalur agar batuan bisa segera dicairkan.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Baca Juga: Lansia di Bintan Terima BLT Rp900 Ribu dari Pemkab

BLT yang cari Desember 2021 berikutnya adalah PKH. Bantuan PKH merupakan bantuan bersyarat bagi keluarga yang memenuhi satu atau lebih dari komponen kesehatan untuk kategori ibu hamil dan anak balita. Bantuan ini diberikan bagi keluarga yang terdampak COVID-19.

Sesuai informasi yang tercantum dalam laman PKH Kementerian Sosial, bantuan ini disalurkan kepada masyarakat setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap yang dilakukan melalui Himpunan Bank Negara (Himbara), yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

4. Kartu Sembako

Pemerintah kembali memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 berupa bantuan pangan non-tunai (BPNT) atau dikenal sebagai bansos sembako.

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) diberikan pemerintah untuk  membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan pangan selama pandemi Covid-19. Masyarakat yang mendapat bantuan tersebut adalah setiap yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

5. BLT Dana Desa

Sesuai dengan namanya, penyaluran bantuan ini dikelola oleh Kementerian Desa (Kemendesa). Nominal BLT Dana Desa yakni Rp 300 juta per KPM. Daftar penerima BLT Dana Desa dapat diketahui melalui situs resmi https://sid.kemendesa.go.id/

Itulah daftar BLT yang cair Desember 2021. Jika kalian memenuhi syarat sebagai penerima namun belum mendapatkan bantuan, mungkin bulan Desember 2021 ini adalah kesempatan Anda. Segera konfirmasi dan cek di instansi terkait.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar