alexametrics

8 Ciri-ciri Gejala Varian Omicron yang Perlu Diwaspadai

Chyntia Sami Bhayangkara
8 Ciri-ciri Gejala Varian Omicron yang Perlu Diwaspadai
Covid-19 varian Omicron. [Dok.Antara]

Berikut ini ciri-ciri gejala varian Omicron yang perlu kamu waspadai

Suara.com - Hampir dua tahun dunia menghadapi pandemi Covid-19. Belum juga lonjakan kasus mereda, muncul varian baru Covid-19 Omicron. Berikut ini ciri-ciri gejala varian Omicron.

Varian Omicron ini diketahui berasal dari Afrika Selatan. Varian ini diduga lebih berbahaya dari varian Delta. Varian ini pun membuat negara-negara mengeluarkan kebijakan baru mengenai pengetatan aktivitas guna mencegah penyebaran. Simak ciri-ciri gejala varian Omicron berikut.

Lantas, seperti apa ciri-ciri gejala varian Omicron yang kini mulai menginfeksi sejumlah negara? Simak ulasannya di bawah ini yang melansir dari sejumlah sumber, Minggu (5/12/2021).

Ciri-ciri Gejala Varian Omicron

Baca Juga: WHO: Vaksin Covid-19 Hanya 40 Persen Efektif Lawan Virus Corona Varian Delta

Sejauh ini, varian Omicron yang menyebar di Afrika Selatan, sebagian besar menginfeksi orang usia muda dan dengan gejala ringan. Ciri-ciri gejala varian omicron sedikit berbeda dengan varian Delta, yang mana pada varian ini penderita tidak mengalami gejala kehilangan rasa atau penciuman.

WHO menyampaikan, belum ada bukti yang pasti bahwa ciri-ciri gejala varian Omicron ini berbeda dari varian Covid-19 lainnya. Itu artinya, gejala Omicron hampir sama dengan gejala varian lainnya. Adapun gejala Omicron yaitu sebagai berikut:

  1. Batuk Kering
  2. Demam
  3. Flu
  4. Berkeringat saat malam hari
  5. Nyeri di berbagai bagian tubuh
  6. Kelelahan
  7. Tenggorokan gatal
  8. Indra perasa dan penciuman tidak hilang

Jika sudah mengalami ciri-ciri gejala varian Omicron seperti yang sudah disebutkan di atas, lekas isolasi mandiri dan coba menghubungi pihak medis untuk memastikan apakah kamu terknfeksi atau tidak.

Melansir dari BBC, rumah sakit di Afrika Selatan lebih banyak menerima pasien usia muda dirawat dengan gejala yang serius. Namun, rata-rata pasien belum vaksinasi atau hanya melakukan vaksin satu dosis.

Hal tersebut menunjukkan bahwa melakukan vaksinasi dua dosis dan dosis booster bisa menjadi cara yang efektif untuk melindungi diri dari gejala yang serius yang disebabkan oleh varian omicron atau varian baru atau semua varian lainnya.

Baca Juga: Varian Omicron Berbeda dengan Delta, Ini 7 Gejalanya!

Demikian informasi mengenai ciri-ciri gejala varian omicron yang penting untuk kamu tahu. Bagi yang belum vaksin, segera lakukan vaksin dosis 1 dan 2. Dan bagi yang baru vaksin dosis 1, segela lanjutkan vaksin dosis 2 sesuai jadwal.

Komentar