alexametrics

Panglima TNI Tambah Alat Berat Penanganan Erupsi Semeru

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Panglima TNI Tambah Alat Berat Penanganan Erupsi Semeru
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. [Antara]

"Alat-alat berat tersebut sudah tiba di lokasi tadi malam dan akan digelar di titik-titik yang diperlukan oleh BNPB mulai pagi ini," kata Prantara.

Suara.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menambah alat berat untuk membantu evakuasi korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Alat berat tersebut sudah ditempatkan di titik-titik yang diperlukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BPNB.

"Alat-alat berat tersebut sudah tiba di lokasi tadi malam dan akan digelar di titik-titik yang diperlukan oleh BNPB mulai pagi ini," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangan persnya, Senin (6/12/2021).

Selain alat berat, TNI sudah mengirimkan sejumlah personal dari Yonzipur 10 yang ditempatkan di SDN Sumber Wuluh dan Polsek Candipuro. Sleain itu personel dan alat berat dari Yonzipur 5 ditempatkan di Desa Supit Urang.

Adapun alat berat yang ditambah terdiri dari 4 unit backhoe loader, 2 unit self loader, 1 unit dozer, 2 unit bulldozer, 8 unit eksavator, 8 unit dump truck, 1 unit crane, 1 unit transporter, 1 unit crane cargo, 2 unit trailer kavaleri, dan 1 unit trailer sipil.

Baca Juga: Turut Berduka, Kevin Ardilova Panjatkan Doa untuk Warga Korban Gunung Semeru

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sempat melaksanakan pemantauan udara di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12) kemarin. Dalam kegiatan tersebut, Andika menumpangi helikopter TNI AU jenis NAS-332 Super Puma.

Pantauan udara tersebut dilakukan untuk memetakan daerah-daerah terdampak erupsi yang nantinya bakal digunakan tim penanganan tanggap bencana.

Komentar