facebook

Ditanya Alasan Tunjuk Menantu Luhut Jadi Pangkostrad, Jenderal Andika: Nanti Saya Jawab Semua

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
Ditanya Alasan Tunjuk Menantu Luhut Jadi Pangkostrad, Jenderal Andika: Nanti Saya Jawab Semua
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa siap menjelaskan alasan tunjuk menantu Luhut jadi Pangkostrad. [ANTARA]

Andika tidak mengeluarkan pernyataan yang lebih dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan awak media.

Suara.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal menjelaskan mengapa pihaknya menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Candangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) saat rapat bersama Komisi I DPR.

Mayjen Maruli sendiri diketahui merupakan menantu Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan.

"Nanti (dalam rapat) saya siap menjawab semuanya ya," kata Andika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Kendati begitu, Andika tidak mengeluarkan pernyataan yang lebih dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan awak media. Ia langsung bergegas menuju ruang rapat Komisi I DPR RI.

Baca Juga: Maruli Simanjuntak Disebut Punya Kapasitas dan Kapabilitas Jadi Pangkostrad

Adapun memang Andika dijadwalkan melakukan rapat kerja bersama Komisi I DPR RI hari ini Senin (24/1). Tak hanya Andika, rapat ini juga akan diikuti oleh KASAD, KASAU, dan KASAL.

Agenda rapat ini antara lain:

  1. Pencapaian target program MEF TNI Tahun 2021,
  2. Skenario TNI terhadap dinamika keamanan di Laut Cina Selatan dan Indo Pasifik;
  3. Perkembangan penanganan kasus-kasus hukum prajurit TNI;
  4. Strategi dan pendekatan TNI dalam menyelesaikan permasalahan di Papua dan Papua Barat.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merotasi sejumlah perwira tinggi di lingkungan TNI. Salah satunya menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Kostrad (Panglima Kostrad).

Rotasi jabatan itu ditandatangani oleh Andika melalui Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Total ada 328 perwira tinggi yang mendapatkan jabatan baru.

Sedangkan, 28 perwira tinggi di antaranya mendapatkan jabatan di satuan-satuan baru di TNI. Hal itu sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI).

Baca Juga: Pakar Ulas Sosok Mayjen Maruli Simanjuntak, Pangkostrad Identik Orang Dekat Presiden

"Surat Keputusan Jabatan Pangkostrad, Pangkoarmada, dan Pangkoopsudnas Telah Ditandatangani Panglima TNI Jumat Malam 21 Januari 2022," kata "Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa," dalam siaran persnya, Sabtu (22/1/2022).

Dalam surat tersebut ada 10 nama baru dalam jabatan Perwira Tinggi Bintang 3. Salah satu di antaranya adalah Pangkostrad.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar