facebook

10 Tips Belajar Efektif, Ternyata Tak Hanya Fokus Tapi Juga Harus Diimbangi Olahraga dan Tidur yang Cukup!

Chyntia Sami Bhayangkara
10 Tips Belajar Efektif, Ternyata Tak Hanya Fokus Tapi Juga Harus Diimbangi Olahraga dan Tidur yang Cukup!
Ilustrasi belajar, 10 tips belajar efektif (Freepik)

Simak berikut 10 tips belajar efektif yang perlu diketahui. Ternyata tak hanya harus fokus saja, lho!

Suara.com - Keterampilan belajar yang tepat dapat berguna untuk mengingat informasi dalam jangka panjang. Dilansir dari kanal YouTube wirahadiecom dalam video berjudul “10 Cara Belajar Efektif yang benar!” menyebutkan bahwa otak dapat menghafal informasi sebesar 2,5 petabyte atau sekitar 30 juta jam menonton video di YouTube. Lantas, apa saja tips efektif belajar?

Hal ini diperlukan melalui cara belajar efektif yang dapat memenuhi tujuan belajar kamu. Berikut ini adalah 10 tips belajar efektif yang bisa kamu terapkan.

1.  Spaced Repetition (Pengulangan Berkala)

Kamu dapat menerapkan pola belajar sebentar tapi sering dilakukan. Artinya kamu perlu belajar setidaknya 15 menit sehari dalam satu minggu untuk menciptakan otak yang dapat dengan mudah mengingat sebuah informasi dengan baik.

Baca Juga: Cara Live Streaming YouTube dari HP, Minimal 1.000 Subscriber

2. Temukan gaya belajar versi diri sendiri

Cara belajar dengan gaya sendiri dapat membuat diri sendiri nyaman untuk belajar. Kamu bisa belajar dengan menonton video, belajar bersama teman maupun belajar sendiri. Yang terpenting kamu nyaman dengan gaya belajar yang diinginkan.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan hal yang penting untuk menunjang penyimpanan informasi dalam otak. Kamu dapat mengingatkan pelajaran 35 persen lebih baik dengan tidur yang cukup.

4. Fokus

Baca Juga: 4 Hal yang Tidak Perlu Dikhawatirkan agar Hidup Bahagia

Fokus menjadi kunci utama untuk belajar yang efektif. Sisihkan berbagai hal yang dapat membuat kamu fokus dalam belajar seperti menyimpan gadget.

5. Olahraga, Meditasi dan Sosialisasi

Olahraga dapat mengembangkan kemampuan otak. Kamu juga melakukan meditasi secara rutin untuk membuat pikiran lebih jernih dan bersosialisasi untuk mendapatkan ide dan informasi baru dari orang lain.

6. Belajar di lingkungan kaya visual

Maksud dari pernyataan di tersebut adalah kamu dapat memperoleh dan menghafalkan informasi baru ketika berada di lingkungan yang baru seperti perpustakaan, kebun, taman maupun tempat lainnya.

7. Belajar dengan menyenangkan

Menerapkan belajar yang menyenangkan maka kamu akan mempercepat tingkat pemahaman dan mengingat materi yang sedang dipelajari.

8.  Belajar dengan interval atau berkala

Kamu dapat mengulang-ulang materi belajar agar lebih mudah mengingat dalam jangka waktu yang lama. 

9. 30 persen membaca, 70 persen mengulang

Agar kamu dapat mengingat sesuatu dengan lebih cepat, kamu dapat meluangkan waktu mengulang materi lebih lama daripada membacanya. Contohnya ketika kamu akan dihadapkan situasi untuk mempresentasikan sebuah ide, kamu dapat membacanya terlebih dahulu lalu praktikkan dengan waktu yang lebih lama.

10. Tes sebagai bahan evaluasi

Setelah selesai belajar dengan materi yang ada, usahakan untuk melakukan tes pada diri sendiri secara cepat dari materi yang sudah dipelajari. Kamu dapat membuat tes cepat yang mewakili materi yang telah dipelajari. 

Demikian adalah 10 tips belajar efektif yang bisa kamu coba terapkan sebagai metode belajar. Tidak semua cara belajar bisa digunakan untuk setiap orang. Kamu perlu untuk memahami diri sendiri dan menyesuaikan gaya belajar yang nyaman untuk dilakukan. Semoga membantu!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar