facebook

Peduli terhadap Pemerataan Pendidikan, YPA-MDR Mengajak Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia di HUT 13

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Peduli terhadap Pemerataan Pendidikan, YPA-MDR Mengajak Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia di HUT 13
Anak-anak Indonesia tengah belajar menenun. (Dok: YPA-MDR)

Ini lantaran pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.

Suara.com - "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dunia" demikian salah satu pernyataan Nelson Mandela, peraih Nobel Perdamaian dari Afrika Selatan. Pernyataan itu seolah menyiratkan bahwa pendidikan adalah hal pokok yang akan menopang kemajuan bangsa. Tanpa pendidikan, suatu negara akan jauh tertinggal dari negara lain.

Sayangnya, dewasa ini, kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan diantaranya oleh data PBB (2019) tentang Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) yaitu, Indonesia memiliki peringkat kualitas hidup ke-111 dari 189 negara. Peringkat Indeks Pembangunan Manusia tahunan dihitung menggunakan tiga kategori, kesehatan, pendidikan dan pendapatan.

Berangkat dari hal tersebut, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) secara konsisten berkontribusi melakukan program bantuan pendidikan khususnya di wilayah prasejahtera. Dalam perayaan HUT Ke - 13 Tahun, YPA-MDR  mengadakan bincang inspiratif Bergerak Majukan Pendidikan Indonesia pada Kamis, (25/1/2022). Selain dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-13, acara ini sebagai wujud kepedulian Astra untuk pemerataan pendidikan di Tanah Air.  Bincang inspiratif tersebut menghadirkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) Nadiem Anwar Makarim, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Santosa dan Henry Tanoto, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto, Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo, serta publik figur Tasya Kamila.

Mendikbud, Nadiem Makarim saat menjadi pembicara di Talkshow Inspiratif HUT ke-13 Tahun YPA-MDR. (Dok: YPA-MDR)
Mendikbud, Nadiem Makarim saat menjadi pembicara di Talkshow Inspiratif HUT ke-13 Tahun YPA-MDR. (Dok: YPA-MDR)

“Apresiasi kepada YPA-MDR untuk inisiatif yang sudah dilakukan selama 13 tahun terakhir, khususnya program-program binaan untuk guru dan peserta didik untuk daerah 3T,” ujar Nadiem Makarim pada acara bincang inspiratif yang disiarkan melalui akun YouTube Channel Yayasan Pendidikan Astra — Michael D. Ruslim.

Baca Juga: Ulasan Buku Diary Teacher Keder, Guru Harus Percaya Diri!

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer dalam sambutannya mengatakan, Astra senantiasa berkomitmen untuk melakukan kontribusi sosial yang berkelanjutan. Ini sebagai bentuk kepedulian perseroan terhadap kondisi sosial di Indonesia. Oleh karena itu, Astra secara khusus mendirikan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) untuk dapat menjadi upaya mewujudkan kesetaraan dan kesempatan yang berkeadilan di bidang pendidikan di Indonesia.

"Hal ini tentunya mendukung visi dan misi pemerintah untuk bersama- sama bergerak memajukan pendidikan Indonesia," ucap Gita.

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer saat memberikan sambutan di Talkshow Inspiratif HUT ke-13 Tahun YPA-MDR. (Dok: YPA-MDR)
Direktur Astra, Gita Tiffani Boer saat memberikan sambutan di Talkshow Inspiratif HUT ke-13 Tahun YPA-MDR. (Dok: YPA-MDR)

Sementara Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo menerangkan, perjalanan YPA-MDR berawal dari sebuah gagasan Presiden Direktur Astra periode tahun 2005-2010, almarhum Michael D. Ruslim dengan program BERNAS (Bantuan Edukassi dan Transformasi Bagi Anak dan Sekolah) dalam rangka mewujudkan cita-cita Astra untuk “Sejahtera Bersama Bangsa”.

"Serta menjalankan program kontrubusi sosial berkelanjutan Astra pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas melalui visi, misi, strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk pemerataan pendidikan di daerah prasejahtera," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR juga meluncurkan program inovasi Media Ajar Interkatif sebagai upaya menunjang pembelajaran berbasis digital. Selain itu YPA-MDR juga memulai Kick Off Gerakan Penghijauan Indonesia yang akan dilakukan oleh sekolah-sekolah binaan dan masyarakat umum.

Baca Juga: Cerita Anak Sopir Taksi Kuliah S2 di AS Viral: Bapak Bangga Sama Kamu Nak

Inspirasi 13 Tahun YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar