facebook

Viral Dokumen Daftar Peserta Vaksin Jadi Bungkus Gorengan, NIK dan Nomor HP Tersebar

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
Viral Dokumen Daftar Peserta Vaksin Jadi Bungkus Gorengan, NIK dan Nomor HP Tersebar
Viral Dokumen Daftar Peserta Vaksin Jadi Bungkus Gorengan. (Instagram/@depok24jam).

"Beli pisang molen pinggir jalan dapat bonus NIK dan nomor HP. Gimana gak dapat SMS penipuan dan kawan-kawan," beber seorang warga.

Suara.com - Kebocoran data pribadi warga Indonesia lagi-lagi kembali terjadi. Kali ini, sejumlah data pribadi peserta vaksin Covid-19 tersebar gegara dijadikan bungkus gorengan.

Kejadian ini menjadi viral dan langsung menggegerkan warganet. Peristiwa tersebut terungkap dan mendapatkan atensi setelah dibagikan oleh akun Instagram @/depok24jam.

Akun ini membagikan temuan seorang warga yang baru saja membeli gorengan. Ia mengakui habis membeli gorengan berupa onde-onde berserta molen di sebuah pedagang kaki lima depan minimarket.

"Saya beli gorengan onde-onde sama molen mini depan minimarket Pitara min," tulis warga ini sebagai keterangan Instagram seperti dikutip Suara.com, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Rumah Ditinggal 2 Bulan Gegara Melahirkan, Pas Pulang Wanita Ini Syok Lihat Penampakan Kulkas dan Sepatu

Betapa terkejutnya warga ini saat menyadari isi kertas bungkus gorengan. Bungkus gorengan itu ternyata berupa daftar data pribadi peserta vaksin yang ditulis dengan pulpen.

Viral Dokumen Daftar Peserta Vaksin Jadi Bungkus Gorengan. (Instagram/@depok24jam)
Viral Dokumen Daftar Peserta Vaksin Jadi Bungkus Gorengan. (Instagram/@depok24jam)

Data berbentuk tabel itu meliputi nama, nomor induk kependudukan atau NIK, dan nomor ponsel. Data pribadi itu diduga mencapai puluhan orang milik peserta vaksin.

"Beli pisang molen pinggir jalan dapat bonus NIK dan nomor HP. Gimana gak dapat SMS penipuan dan kawan-kawan," lanjut warga ini.

Akun pengunggah kejadian ini lantas memberikan pesan bijak kepada panitia vaksin untuk menghancurkan dokumen-dokumen berupa data pribadi warga. Panitia vaksin juga diharapkan jangan asal membuat dokumen tersebut, apalagi menjual kertas ke penjual gorengan.

"Buat panitia vaksin, kalau ada dokumen-dokumen data peserta vaksin yang ada NIK nya jangan dibuang, apalagi dikasih ke kang gorengan atuh," pesan akun @/depok24jam.

Baca Juga: Viral Dosen Beri Pesan Menyentuh Buat Mahasiswa Bimbingan Skripsi, Publik: Kata-Katanya Sungguh Dalam

Temuan data pribadi peserta vaksin yang dijadikan bungkus gorengan langsung mendapatkan atensi warganet. Hingga berita ini dipublikasikan, unggahan ini telah mendapatkan sedikitnya 4.000 tanda suka.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar