facebook

Bacaan Sholawat Nariyah Latin dan Artinya, Amalkan Secara Rutin Agar Mendapat Berkah

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Sholawat Nariyah Latin dan Artinya, Amalkan Secara Rutin Agar Mendapat Berkah
Ilustrasi Berdoa - Bacaan Sholawat Nariyah Latin dan Terjemahan (Freepik)

Ada beberapa macam sholawat yang dapat dibaca, salah satunyabyaitu Sholawat Nariyah. Simak bacaan sholawat Nariyah beserta artinya berikut.

Suara.com - Umat Islam dianjurkan untuk rutin bersholawat sebagai ungkapan rasa cinta kepada Mabi Muhammad beserta keluarganya. Ada beberapa macam sholawat yang dapat dibaca, salah satunyabyaitu Sholawat Nariyah. Simak bacaan sholawat Nariyah beserta artinya berikut. 

Sholawat juga menjadi bentuk ibadah serta doa meminta rahmat dari Allah SWT, tak terkecuali sholawat nariyah. Bahkan Allah memerintahkan langsung manusia untuk bersholawat melalui firmanNya dalam Al-Qur'an. 

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56) 

Selain itu, Nabi Muhamnad dalam hadist Tarmizi berbicara mengenai sholawat. Ia akan memberikan syafaat atau pertolongannya kepada manusia yang gemar membaca sholawat. Beriku ini hadist Nabi: 

Baca Juga: Niat Puasa Syawal dan Keutamaan Menjalankannya, Masih Ada Waktu untuk Puasa!

"Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku," (HR. Tirmidzi). 

Lantas bagaimana bacaan sholawat Nariyah? Ketahui bacaan serta artinya berikut ini. 

Bacaan Sholawat Nariyah 

"Allahumma shalii shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. 

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka." 

Baca Juga: Apakah Puasa Syawal Harus 6 Hari? Ini Penjelasan Lengkap dengan Niat Puasa Syawal

Artinya: "Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau." 

Komentar