facebook

Dibuat Permanen, Tujuh Balapan Dijadwalkan Bakal Digelar Tahun Ini di Sirkuit Formula E Ancol

RR Ukirsari Manggalani | Fakhri Fuadi Muflih
Dibuat Permanen, Tujuh Balapan Dijadwalkan Bakal Digelar Tahun Ini di Sirkuit Formula E Ancol
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/3/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sementara ini JIEC Ancol untuk balapan mobil, kalau untuk motor harus dimodifikasi.

Suara.com - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan tidak hanya ajang Formula E saja yang bisa menggunakan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Setelah balapan mobil listrik itu selesai 4 Juni mendatang, sudah ada rencana menggelar tujuh balapan lagi.

"Selesai ini masih ada tujuh lagi kegiatan. Sirkuit Formula E ditahun ini di-booked tujuh," ujar Widi Amanasto di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (20/5/2022).

Widi Amanasto menjelaskan, sirkuit Formula E di Ancol ini memang dibuat secara permanen untuk bisa dipakai berulang kali. Hal ini berbeda dengan ajang serupa di negara lain yang menggunakan jalanan di perkotaan.

"Iya ini permanen bukan city race yang biasanya dibongkar lagi," tuturnya.

Baca Juga: Bantah Formula E Bikin Buntung, Jakpro Beberkan Keuntungan untuk Ancol

Widi Amanasto tak merinci acara apa saja yang akan digelar di JIEC tahun ini. Namun dari tujuh ajang, salah satunya adalah drag race mobil listrik.

Ia juga tak menutup kemungkinan digelarnya balapan lain selain kendaraan listrik. Kendaraan motor biasa juga bisa menggunakan sirkuit ini.

"Kita optimumkan untuk itu (balapan kendaraan listrik), kalau nggak juga nggak apa-apa, yang penting bisa digunakan masyarakat, dunia otomotif bisa gunakan itu," tuturnya.

Nantinya, para pihak yang ingin mengadakan ajang balapan di JIEC harus menyewa. Pihaknya akan mendirikan badan pengelola lintasan ini.

"Sewa nanti. Kan akan ada OC-nya (Organizing Committee) juga, SPU nya ada strategic bussiness unit untuk kelola sirkuit," pungkasnya.

Baca Juga: Peretas Berhasil Bobol Mobil Listrik Tesla dari Jarak Jauh

Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta ePrix 2022, Irawan Sucahyono mengatakan, Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol menggunakan sirkuit kelas (grade) 3. Sehingga tidak didesain untuk balap mobil grade 1 seperti Formula 1 (F1).

"Sirkuit Ancol ini Grade 3 ya, jadi semua kategori internasional yang Grade 3 bisa di sini," kata Irawan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Klasifikasi per kelas itu dibuat untuk mengukur kelayakan sirkuit untuk menggelar berbagai balapan bertaraf dunia, benua, ataupun nasional.

Menurut Irawan, meski sirkuit Formula E berkategori Grade 3, JIEC Ancol sudah lolos kualifikasi untuk menyelenggarakan kejuaraan balap tingkat nasional, seperti berbagai balapan yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Namun, sebagai aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, setiap rencana kegiatan balapan tingkat nasional yang dilaksanakan IMI di JIEC Ancol nantinya harus mendapat izin penyelenggaraan dari Gubernur.

"Sementara ini JIEC Ancol untuk balapan mobil, kalau untuk (sepeda) motor harus dimodifikasi karena trek ini trek mobil. Kalau (sepeda) motor belum aman," kata Irawan.

Komentar