facebook

7 Adab Kepada Orangtua Menurut Agama Islam yang Wajib Diperhatikan

Chyntia Sami Bhayangkara
7 Adab Kepada Orangtua Menurut Agama Islam yang Wajib Diperhatikan
Ilustrasi anak dan orangtua. - adab kepada orangtua (Pixabay/giselaatje)

Apa saja adab kepada orangtua menurut Islam?

Suara.com - Islam selalu mengajarkan umatnya untuk berbakti pada orangtua. Lalu apa saja adab kepada orangtua menurut ajaran agama Islam? Berikut penjelasan yang dirangkum dari buku Majmu’ah Rasail. 

Imam Al-Ghazali pernah membahas adab seorang anak kepada orangtua dalam sebuah risalah berjudul 'Al-Adab fid Diin' dalam Majmu’ah Rasail. Berikut 7 adab kepada orangtua seperti yang dijelaskan Imam Al-Ghazali.

7 Adab Kepada Orangtua

1. Tidak memandang orangtua dengan rasa curiga

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri dan Berjamaah Beserta Artinya

Sejatinya, seorang anak harus selalu menjaga prasangkanya pada orangtua agar selalu baik. Jika ingin mengetahui tentang seuatu, seorang anak tak boleh bertanya dengan kesan curiga sehingga membuat orangtua merasa tersudut.

2. Jangan lelah berbuat baik pada orangtua

Orangtua adalah sosok yang membesarkan dan mengasuh kita sejak bayi hingga menjadi manusia dewasa. Untuk mengingat semua kebaikan orangtua uang tanpa lelah merawat kita, sebaiknya seorang anak juga jangan lelah berbuat baik pada orangtua.

3. Selalu merendah dan jangan pernah menyusahkan orangtua

Ketika orangtua kita berhasil membuat kita lebih pintar dan pandai, bukan berarti kita bisa bersikap lebih tinggi dari orangtua. Selalu jaga sikap untuk tetap merendah dan jangan pernah menyusahkan orangtua.

Baca Juga: Doa Qunut Subuh Pendek dan Keutamaan Membacanya saat Sholat Subuh

4. Penuhi panggilan orangtua

Komentar