facebook

Doa Setelah Sholat Subuh dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Setelah Sholat Subuh dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW
ilustrasi sholat - doa setelah sholat subuh (Freepik)

Untuk menyempurnaian ibadah shalat subuh, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa setelahnya. Adapun doa setelah sholat subuh yakni sebagai berikut.

Suara.com - Menjalankan ibadah shalat subuh adalah kewajiban bagi setiap muslim, sama seperti shalat Duhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Untuk menyempurnaian ibadah shalat subuh, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa setelahnya. Adapun doa setelah sholat subuh yakni sebagai berikut.

Membaca doa setelah sholat subuh adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Bukan hanya itu, memperbanyak berdoa pada waktu subuh juga memudahkan atau melancarkan dalam mendapatkan rezeki.

Sebagai seorang Muslim, ketika selesai mengerjakan ibadah sholat subuh, akan lebih baik jika tidak tidur lagi. Usahakan tetap di tempat usai sholat subuh, lalu amalkan amalan seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW seperti dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim berikut ini.

"Dari Jabir bin Samurah ra, ia berkata, Rasulullah SAW itu jika telah mengerjakan sholat subuh, beliau akan duduk bersila di tempat duduknya hingga terbitnya matahari yang putih indah sinarnya"

Baca Juga: Kumpulan Doa Agar Ujian Lancar saat Menghadapi UTBK SBMPTN 2022, Baca Secara Rutin!

Saat duduk bersila tersebut, dianjutkan untuk berdoa dan beberapa amalan lainnya. Adapun doa setelah sholat subuh dan alaman lainnya yaitu sebagai berikut.

Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah, berikut ini bacaan doa yang bisa Anda amalkan usai menjalan ibadah sholat subuh.

Allahumma innii asaluka 'ilmaanaafi'aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa

Artinya "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima."

Baca Juga: Bacaan Tahiyat Akhir dan Artinya, Wajib Dihafalkan Umat Muslim

Bukan hanya itu, ada juga doa lainnya yang kerap dipanjatkan oleh Rasulullah SAW saat pagi hari selepas subuh agar dilancarkan rezekinya. Diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, adapun bacaan doa tersebut yakni sebagai berikut.

Komentar