facebook

Viryan Aziz Meninggal Dunia, Tenaga Ahli KSP Ade Irfan Pulungan Kehilangan Sosok Bersahaja, Ceria, dan Mandiri

RR Ukirsari Manggalani | Ummi Hadyah Saleh
Viryan Aziz Meninggal Dunia, Tenaga Ahli KSP Ade Irfan Pulungan Kehilangan Sosok Bersahaja, Ceria, dan Mandiri
Komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU Viryan Azis. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Ade Irfan Pulungan dan mendiang adalah sahabat saat menjadi kader HMI di Universitas Tanjungpura Pontianak.

Suara.com - Mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz meninggal dunia pukul 03.00 WIB di RS Abdi Waluyo Jakarta.

Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ade Irfan Pulungan mengatakan dirinya kehilangan sosok yang ia kenal ceria, senang membantu, bersahaja, dan mandiri.

"Dia (almarhum Viryan) teman yang bersahaja selalu ceria, dan memang senang membantu teman, berdiskusi membahas apapun mencari solusi. Sosoknya saya lihat mandiri, tidak tergantung apapun," ujar Irfan saat dihubungi Suara.com, Sabtu (21/5/2022).

Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Ade Irfan Pulungan di Direktorat Siber Bareskrim Polri. (Suara.com / Novian Ardiansyah)
Ade Irfan Pulungan, mantan Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin (Suara.com / Novian Ardiansyah)

Irfan menuturkan dirinya dan Viryan adalah sahabat semasa kuliah saat menjadi kader HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) di Universitas Tanjungpura Pontianak.

Baca Juga: Dimakamkan di Pontianak, Jenazah Viryan Aziz Akan Disemayamkan Sebentar di Kantor KPU

Ia telah mengenal baik Viryan sejak 1993/1994.

"Saya merasa kehilangan, karena sejak kuliah, bersama-sama dengan beliau (almarhum Viryan) di kampus Universitas Tanjungpura Pontianak dia (almarhum Viryan) Fakultas Ekonomi, saya Fakultas Hukum, sama sama beraktivitas di HMI Cabang Pontianak sama sama jadi kader dan aktivis di organisasi," tutur dia.

Mantan Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Maruf Amin itu menyebut nantinya jenazah Viryan Aziz akan dimakamkan di Pontianak usai Ba'da Ashar.

Kata Irfan akan ada pelepasan jenazah di Kantor KPU RI Jakarta sebelum diberangkatkan ke Pontianak untuk dimakamkan.

"Rencananya, info dari keluarga Ashar ya di sana. Ini masih dikoordinasikan karena jenazahnya sekarang ini disemayamkan di RSPAD. Infonya nanti ada pelepasan dari KPU," kata Ade Irfan Pulungan.

Baca Juga: Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia

Irfan mengatakan informasi dari keluarga, jenazah Viryan Aziz akan diberangkatkan menggunakan pesawat sekitar pukul 13.00 WIB.

"Tadi infonya pakai Batik Air jam 13.00 WIB, kalau bisa lebih pagi, lebih lebih pagi, lebih cepat. Kami masih koordinasi terus dengan pihak Angkasa Pura supaya bisa diberangkatkan lebih awal," katanya.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Viryan Aziz disampaikan mantan Ketua KPU Arief Budiman lewat pesan singkat kepada wartawan. Viryan Aziz meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta

"Innalillahi wa innailaihi raajiunn. Kullu Nafsin Dzaaiqatul Maut. Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Viryan Aziz anggota KPU periode 2017-2022," ujar Arief kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Dalam berbagi kabar duka itu, Arief Budiman juga mendoakan almarhum Viryan Aziz.

"Mohon dimaafkan dan diikhlaskan semua kesalahan beliau semasa hidupnya. Dan semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kelapangan hati oleh Allah SWT," ucapnya.

Sebelumnya Viryan Aziz sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami pendarahan otak. Sehingga harus menjalani operasi karena ada pendarahan di otak.

Komentar