facebook

Surat Yusuf Ayat 4: Bacaan Latin, Terjemahan, Tafsir hingga Kadungan Ayatnya

Chyntia Sami Bhayangkara
Surat Yusuf Ayat 4: Bacaan Latin, Terjemahan, Tafsir hingga Kadungan Ayatnya
Ilustrasi Al-Quran - Surat Yusuf Ayat 4 (Pixabay)

Dalam surat Yusuf ayat 4 menceritakan tentang mimpi Nabi Yusuf yang merupakan gambaran dari wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT. Berikut bacaan, tafsir dan kandungannya.

Suara.com - Surat Yusuf ayat 4 memiliki makna serta keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Surat ini merupakan surat ke 12 dalam urutan kitab suci Al-Qur'an yang menceritakan secara utuh kisah Nabi Yusuf beserta dengan keluarganya. 

Dalam surat Yusuf ayat 4 menceritakan tentang mimpi Nabi Yusuf yang merupakan gambaran dari wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT. Mimpi tersebut menjadi kenyataan 40 tahun setelahnya. Berikut ini bacaan surat Yusuf ayat 4 latin dan terjemahannya. 

Bacaan Latin Surat Yusuf ayat 4 

Idz qala yusufu li`abihi ya abati inni ra`aitu ahada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum li sajidin 

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri dan Berjamaah Beserta Artinya

Arti Surat Yusuf Ayat 4: "(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku". 

Tafsir Surat Yusuf Ayat 4 

Dilansir dari laman tafsir Al-Quran Kementrian Agama (Kemenag), Nabi Yusuf AS melihat 11 bintang, matahari dan bulan bersujud yakni tunduk dan patuh kepadanya. Sebelas bintang itu dipercaya merupakan saudaranya dan matahari diyakni sebagai sang ayah dan bulan sebagai sang ibu. 

Mereka terlihat sedang sujud kepada Nabi Yusuf AS. Namun dalam surat Yusuf ayat 4 ini makna sujud yang dimaksud bukanlah seperti sujud biasanya. Sujud yang dilakukan mereka lebih merujuk kepada kepatuhan. 

Ternyata mimpi yang dialami Nabi Yusuf AS merupakan pertanda Allah SWT akan memberikan wahyu kepadanya. Suatu ketika Nabi Yusuf AS menceritakan tentang mimpinya itu kepada ayahnya, Nabi Yaqub AS.

Baca Juga: Doa Qunut Subuh Pendek dan Keutamaan Membacanya saat Sholat Subuh

Setelah mendengar cerita dari sang anak, Nabi Yaqub menyadari bahwa mimpi yang dialami Nabi Yusuf bukanlah mimpi biasa. Mimpi tersebut merupakan mimpi yang sering dialami juga oleh para Nabi. 

Komentar