facebook

Tak Rayakan Puncak HUT Jakarta di JIExpo, Anies Mau Pamerkan JIS ke Publik

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Tak Rayakan Puncak HUT Jakarta di JIExpo, Anies Mau Pamerkan JIS ke Publik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melambaikan tangan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (19/4/2022). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]

Pentingnya melakukan pengumuman kepada publik bahwa Jakarta memiliki ikon baru yang merupakan stadion terbesar di Asia Tenggara dengan beragam kemegahannya.

Suara.com - Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada 25 Juni mendatang. Namun, gelaran tahun ini berbeda dibandingkan biasanya.

Sebelum pandemi Covid-19, biasanya puncak peringatan HUT Jakarta selalu diadakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran dalam Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali mengatakan, pihaknya memilih mengadakannya di JIS dengan alasan ingin menunjukan stadion bertaraf internasional itu kepada publik. Ia menganggap JIS adalah keberhasilan Pemprov DKI setelah sekian lama diwacanakan.

"Kami memang sekarang ini, beberapa bulan belakangan ini memperluas JIS sebagai sebuah tempat yang berhasil dibangun oleh Pemprov DKI pada beberapa tahun terakhir dan berhasil kami selesaikan tahun ini," ujar Marullah di Balai Kota, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Pembangunan ITF Mandek, DPRD Jakarta Beri Ultimatum: Harus Selesai Sebelum Anies Lengser!

Ia menilai pentingnya melakukan pengumuman kepada publik bahwa Jakarta memiliki ikon baru yang merupakan stadion terbesar di Asia Tenggara dengan beragam kemegahannya.

"Kami ingin umumkan ke khalayak ramai bahwa kita punya tempat yang cukup representatif di Jakarta untuk bisa dipahami dan diketahui oleh warga Jakarta, seperti JIS," tuturnya.

Kendati demikian, Marullah menyebut pihaknya juga akan mengadakan acara di JIExpo Kemayoran. Namun, ia tak merinci kegiatan apa yang akan diadakan di lokasi itu.

"Kami tidak mengabaikan tempat-tempat lain, di tempat lain juga masih tetap masuk dalam rangkaian ini," pungkasnya.

Jakarta International Stadium (JIS) (instagram/@jakarta_stadium)
Jakarta International Stadium (JIS) (instagram/@jakarta_stadium)

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, +Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, dan +Jakarta Awards & Malam Resepsi.

Baca Juga: Kargo Tunggangan Balap Single Seater Formula E Sudah Tiba di Jakarta, Petugas Bea Cukai Lakukan Pemeriksaan

Lalu, ada juga perayaan lain seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran, hingga acara rutin, yakni Upacara dan Sidang Paripurna DPRD.

Saat puncak HUT Jakarta pada Juni 2022 akan dimeriahkan dua musisi internasional yang akan hadir, yakni Niki dan Rich Brian. Dua penyanyi asal Indonesia yang tergabung dalam label 88rising ini berkarir di Amerika Serikat.

Selain itu, ada juga penyanyi dalam negeri, di antaranya adalah Raisa, Rizky Febian, Isyana Sarasvati, Gamaliel, Marion Jola, serta Boy William sebagai pemandu acara atau MC.

Acara puncak HUT Jakarta ini sekaligus akan menjadi grand launching JIS.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat melihat dan terus memantau informasi seluruh rangkaian Jakarta Hajatan ke-495 melalui media sosial Instagram @jakartahajatan serta situs resmi plusjakarta.com/jakarta-hajatan.

Komentar