facebook

Akui Kasus Covid-19 Sudah Sangat Rendah, Luhut: PPKM Bisa Saja Dihentikan, Tapi...

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Akui Kasus Covid-19 Sudah Sangat Rendah, Luhut: PPKM Bisa Saja Dihentikan, Tapi...
Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram/@luhut.pandjaitan)

"Karena sebenarnya angkanya juga sudah sangat rendah," ujarnya.

Suara.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kalau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa saja dihentikan. Tetapi sebelum itu, pemerintah bakal menggelar rapat terlebih dahulu. Rapat itu disebutnya akan digelar pada akhir pekan ini.

Itu disampaikan Luhut usai menghadiri acara pengarahan dan evaluasi presiden untukaksi afirmasi bangga buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022).

"Ya, (PPKM) bisa saja (dihentikan), tetapi kami nanti akan dengar, rapat dulu, mungkin hari Sabtu-Minggu kami akan rapat dengan para pakar, untuk nanti kami sarankan kepada presiden," kata Luhut.

Luhut juga mengungkapkan kalau semestinya tidak terburu-buru dalam menghentikan kebijakan PPKM. Meski ia melihat kasus Covid-19 sudah kian menurun.

Baca Juga: Daftar Jabatan yang Diemban Luhut di Era Jokowi, Terbaru Diperintahkan Urus Minyak Goreng di Jawa-Bali

"Karena sebenarnya angkanya juga sudah sangat rendah," ujarnya.

Tunggu Perintah Jokowi

Menteri Koordinator Pemberdayaan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa nasib berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia mengamini kalau pandemi Covid-19 juga terus mengalami penurunan.

"Mengenai PPKM tentu saja kita dengan kondisi yang sudah semakin menurun ini kita tinggal menunggu perintah dari bapak presiden insyaAllah itu adalah akan dilakukan oleh bapak presiden," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (24/5/2022).

Oleh karena itu, Muhadjir meminta masyarakat untuk sabar menunggu hingga Jokowi menyampaikan soal akhir dari kebijakan PPKM tersebut. Tidak lupa, ia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap berusaha supaya kasus Covid-19 tidak lagi naik dalam waktu ke depan.

Baca Juga: Dishub Tambah Lokasi Ganjil Genap Jakarta Jadi 25 Ruas Jalan, Ini Daftarnya

Terlebih sejauh ini pemerintah melihat enam variabel untuk penanganan Covid-19 menunjukkan hasil yang memuaskan.

Komentar