facebook

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara Mengerjakannya

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara Mengerjakannya
Ilustrasi sholat, doa setelah sholat dhuha dan artinya (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Setelah selesai mengerjakan sholat dhuha, Anda bisa membaca doa setelah sholat dhuha dan artinya.

Suara.com - Ada salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam untuk mendatangkan rezeki, yakni sholat dhuha. Setelah selesai mengerjakannya, Anda bisa membaca doa setelah sholat dhuha dan artinya.

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan di pagi hari. Ada doa setelah sholat dhuha dan artinya yang perlu dibaca setelah umat Muslim menyelesaikan sholat ini.

Sebelum mengerjakan sholat dhuha, umat Muslim harus mengetahui waktu haram sholat dhuha, yakni sesudah sholat subuh hingga saat matahari masih di fase terbit, kedua saat memasuki waktu dzuhur hingga matahari tergelincir ke arah barat, dan ketiga pada waktu matahari hampir terbenam.

Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat dhuha adalah ketika matahari telah terbit secara utuh. Batas awal yang aman untuk menunaikan sholat dhuha adalah sekitar pukul 8.00 pagi kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat dhuha dan artinya.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek dan Artinya yang Mudah Dihafalkan

Sebelum mengetahui bacaan doa setelah sholat dhuha dan artinya, simak dulu tata cara sholat dhuha yang perlu dipahami.

Tata Cara Sholat Dhuha

Rasulullah SAW mengerjakan sholat dhuha hingga 4 rakaat, dan terkadang juga 8 rakaat. Tata cara sholat dhuha yang dilakukan di pagi hari ini sama seperti sholat yang lain, hanya berbeda niatnya saja.

Selain itu, saat mengerjakan sholat dhuha dianjurkan membaca 4 surat pendek Al Quran yaitu Ad Dhuha, Asy Syams, Al Kafirun, dan juga Al Ikhlas.

Jika tidak hafal, maka dapat membaca surat lainnya yang dapat Anda dilafalkan saat sholat.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah Rasul Serta Keutamaan yang Mulia

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya

Komentar