facebook

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya yang Dibaca di Sepertiga Malam

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya yang Dibaca di Sepertiga Malam
Doa setelah sholat tahajud //pixabay.com

Doa setelah sholat tahajud dibaca untuk membuat kita senantiasa ingat bahwa ada kekuatan yang lebih besar dari kekuatan apapun di dunia ini

Suara.com - Sholat tahajud merupakan sholat dua rakaat yang dilaksanakan pada malam hari. Pelaksanaan sholat tahajud sendiri minimal dua rakaat dan dapat dilaksanakan sebanyak 4 rakaat. Ada doa setelah tahajud yang perlu dibaca.

Setelah melaksanakan sholat tahajud, kita disarankan untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas doa setelah sholat Tahajud. 

Sebelum itu, mari ketahui dulu bahwa untuk mulai mengerjakan sholat tahajud harus lebih dulu membaca niat sholat tahajud. Adapun bacaan niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:

"Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."

Baca Juga: Kumpulan Doa Qunut: Subuh, Witir, dan Nazilah yang Dianjurkan bagi Muslim

Artinya dari bacaan niat sholat tahajud tersebut adalah sebagai berikut:"Aku niat sholat sunna tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Setelah membaca niat, laksanakan urutan sholat seperti sholat fardhu. Setelah baca niat ketika takbiratul ikhram, lanjutkan dengan membaca Al-fatihah dan surat pendek, sampai melakukan sujud dua kali dan satu kali salam. Ketika sudah selesai, tutup acara sholat tahajud dengan membaca doa setelah sholat tahajud. 

Bacaan doa setelah sholat tahajud

Doa setelah sholat tahajud dalam bahasa latin,

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Baca Juga: Surat Yusuf Ayat 4 Latin, Lengkap dengan Terjemahan dan Kandungan Isi Surat

Arti doa setelah sholat tahajud di atas adalah sebagai berikut:"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Komentar