facebook

Baca Doa Minum Air Zamzam Agar Mendapat Manfaat, Ini Penjelasannya

Rifan Aditya
Baca Doa Minum Air Zamzam Agar Mendapat Manfaat, Ini Penjelasannya
doa minum air Zamzam - Ilustrasi berdoa. (Pixabay/konevi)

Apa doa minum air Zamzam?

Suara.com - Air Zamzam adalah air yang diyakini sebagai air terbaik kedua setelah air mukjizat yang keluar dari sela-sela jari Nabi Muhammad SAW. Untuk mendapatkan manfaatnya, baca doa minum air Zamzam di bawah ini.

NU Online menulis, air Zamzam adalah air ajaib karena tak pernah kering meski berasal dari tanah yang tandus berbatu. Tak berlebihan rasanya jika jemaah haji 2022 yang pulang dari Tanah Suci membawa air ini sebagai oleh-oleh. Lalu bagaimana doa minum air Zamzam itu?

Secara geografis, air Zamzam berasal dai sumur Zamzam di Kota Mekkah yang berada dekat Ka'bah. Keistimewaan air ini bahkan dijelaskan dalam Kitab Hasyiah Al-Bajuri jilid 1 halaman 49 cetakan Darul Kutub Al-Ilmiah Beirut.

"Air paling utama adalah air yang menyumber dari antara jari-jari Nabi Muhammad SAW, kemudian air zamzam, air Telaga Kautsar, air Sungai Nil Mesir, kemudian air sungai lainnya seperti Sungai Jaihun, Sungai Dajlah, Sungai Efrat dan lain-lain."

Baca Juga: Calon Jamaah Haji Termuda Dari Sulawesi Tengah Berusia 21 Tahun

Syaikh Tajuddin As-Subki telah menadzomkannya: "Air yang utama air yang bersumber # dari jari-jari Nabi sang panutanKemudian Air Zamzam dan Kautsar # Nil di Mesir dan air sungai lainnya.

Begitu istimewanya air Zamzam hingga dipercaya dapat membaeri manfaat yang tak bisa dijelaskan dengan logika manusia, seperti kesembuhan dari suatu penyakit hingga untuk mendapat ampunan.

Doa Minum Air Zamzam

Inilah doa minum air Zamzam, seperti yang dijelaskan dalam Kitab Fatawa Asy-Syabkah Al-Islamiyyah halaman 1413. 

"Imam Ibn Al-Jauzi meriwayatkan dalam ktabnya Al-Adzkiya', sesungguhnya Sufyan bin Uyainah pernah ditanya tentang sebuah hadits yang berbunyi, "Air Zamzam itu (sesuai) untuk (niatan ketika) diminum."

Baca Juga: Apa Isi Kabah? Intip Bagian Dalam dan Sejarah Dibangunnya

"Maka dia (Sufyan bin Uyainah) mengatakan hadits tersebut sohih diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas, sesungguhnya Ibnu Abbas ketika minum air Zamzam, dia membaca doa (riwayat Daruqutni)."

Komentar