facebook

5 Fakta Kondisi Keamanan Kyiv, Kota Tujuan Kunjungan Jokowi ke Ukraina

Ruth Meliana Dwi Indriani
5 Fakta Kondisi Keamanan Kyiv, Kota Tujuan Kunjungan Jokowi ke Ukraina
Potret kota Kyiv (Unsplash/Viktor Talashuk)

Jokowi akan tiba di Kyiv sebagai salah satu tujuan utama kunjungannya ke Ukraina dan bertemu Zelensky. Seperti apa kondisi keamanan di sana?

Suara.com - Presiden Jokowi akan tiba di Ukraina sebagai salah satu tujuan kunjungan ke luar negeri yang menjadi agenda sang presiden. Adapun kunjungan Jokowi ke Ukraina yang tengah mengalami konflik bersenjata dengan Rusia bertujuan sebagai misi perdamaian sekaligus membahas krisis pasokan pangan sebagai dampak perang.

Salah satu kota yang akan disambangi oleh Jokowi adalah Kyiv, ibu kota sekaligus jantung pemerintahan negara Ukraina. 

Kyiv menjadi salah satu target operasi militer Rusia lantaran lokasi yang strategis dan pusat pemerintahan presiden Zelenskyy.

Lantas, bagaimana kondisi keamanan Kyiv yang sebentar lagi akan dikunjungi oleh Jokowi tersebut?

Baca Juga: Ini Sederet Agenda Jokowi Selama Jalani Misi Perdamaian di Ukraina

Berikut daftar fakta terkait keamanan kota Kyiv.

1. Berjarak 380km dari Donesk

Meski menjadi daerah medan perang, lokasi Kyiv relatif aman lantaran jauh dari Donesk. Adapun Donesk menjadi wilayah yang disengketakan oleh Ukraina dan Rusia sehingga mayoritas kekuatan militer kedua negara tersebut dipusatkan di sana.

Jarak Kyiv dengan Donesk terpaut 380km dan jauh dari serangan militer Rusia.

"Mereka (Rusia) masih melakukan serangan memang di seputaran Donesk, itu saja. Jadi alhamdulillah masih jauh dari Kyiv," papar Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Perjuangan Korban Erupsi Gunung Semeru Jalan dari Lumajang Menuju ke Istana Negara, Modal Peci hingga Kaki Kram

2. Jauh dari pusat ledakan

Tri juga memastikan bahwa Kyiv jauh dari ledakan. Adapun ledakan terdekat dari Kyiv juga berada di Donesk yang terpaut ratusan kilometer. 

3. Melewati jalur kereta yang telah diamankan oleh tim deteksi

Jalur kereta yang menjadi pintu masuk Jokowi ke Kyiv juga disinyalir relatif aman. Tim Paspampres telah menyiapkan tim deteksi untuk mengamankan perjalanan sang presiden masuk ke kota tersebut.

Tim keamanan Jokowi juga menyiapkan berbagai pasukan khusus dari berbagai detasemen seperti Kopassus hingga Paskhas.

"Sebelum kereta api jalan, 3 jam sebelumnya, kami siapkan tim deteksi. Alhamdulillah kami juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, Denjaka dan Paskhas. Alhamdulillah kami percaya diri," lanjut Tri

4. Jokowi akan mengenakan rompi dan helm antipeluru ketika memasuki Kyiv

Sesampainya di Kyiv, sang presiden akan diberikan rompi dan helm antipeluru sebagai salah satu upaya pengamanan. Selain itu, Paspamres yang mendampingi Jokowi juga akan dibekali pelindung yang sama ditambah dengan senjata laras panjang.

5. Alasan kereta api menjadi jalur masuk ke Kyiv

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, bahwa jalur masuk Jokowi ke kota Kyiv aadalah melalui jalur kereta api. Tak hanya Jokowi, seluruh pemimpin dunia harus menaiki kereta malam agar dapat tiba di Ibu Kota Ukraina tersebut.

Alasan utama dipilihnya jalur tersebut adalah terkait keamanan. Meski Rusia telah menarik pasukannya dari Kyiv, jalur udara masuk ke kota tersebut masih ditutup sejak  24 Februari 2022 yang lalu.

Sehingga, kereta malam menjadi pilihan jalur masuk dengan tingkat keamanan paling optimal untuk masuk ke Kyiv.

Kontributor : Armand Ilham

Komentar