facebook

Jadwal Puasa Dzulhijjah 2022 Lengkap Menurut Sidang Isbat dengan Bacaan Niat

Rifan Aditya
Jadwal Puasa Dzulhijjah 2022 Lengkap Menurut Sidang Isbat dengan Bacaan Niat
jadwal puasa Dzulhijjah 2022 - Ilustrasi berdoa (Pixabay/Javad_esmaelli)

Berikut jadwal puasa Dzulhijjah 2022.

Suara.com - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu waktu yang istimewa bagi umat Islam karena ibadah haji dilaksanakan pada bulan ini dan  hari Idul Adha jatuh di bulan yang sama. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah jadwal puasa Dzulhijjah 2022

Lalu kapan puasa Dzulhijjah 2022 dapat dimulai? Berikut jadwal puasa Dzulhijjah 2022, lengkap dengan bacaan niat yang dirangkum dari beberapa sumber.

Menyadur NU Online, memasuki 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, umat muslim dianjurkan memperbanyak ibadah, seperti dzikir, sedekah, membaca Al-Qur’an dan berbagai amalan sunnah lainnya, termasuk puasa dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah. 

Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga: Sudah Ditetapkan! Idul Adha Jatuh pada Minggu 10 Juli 2022

"Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya".

Keutamaan Puasa Dzulhijjah 

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan  atau asyhur al-hurum, bulan Dzulhijjah memiliki keutamaan dibandingkan bulan lainnya, begitu juga dengan berpuasa di 9 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berikut beberapa keutamaannya:

  1.  Pahala Berlipat
  2. Penghapusan Dosa
  3. Pembebasan dari Neraka

Puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 9  dan khusus tanggal 8 dinamakan puasa Tarwiyah juga tanggal 9 dinamakan puasa Arafah. Lalu pada tahun ini, puasa Dzulhijjah jatuh pada tanggal berapa?

Jadwal Puasa Dzulhijjah 2022

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah 2022 dan Keutamaannya

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengeluarkan data hisab hilal awal Dzulhijjah 1443 H dengan metode ilmu falak terhadap hilal awal Dzulhijjah 1443 H dengan menggunakan sistem hisab jama’i khas NU. 

Komentar