facebook

Daftar PNS Tidak Dapat Gaji ke-13 yang Cair Mulai Hari Ini, Cek Dulu!

Chyntia Sami Bhayangkara
Daftar PNS Tidak Dapat Gaji ke-13 yang Cair Mulai Hari Ini, Cek Dulu!
Daftar PNS Tidak Dapat Gaji ke-13 yang Cair Hari Ini!. (Pexels)

Daftar PNS Tidak Dapat Gaji ke-13 yang Cair Hari Ini!

Suara.com - Pemerintah telah membayarkan gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan pada hari ini Jumat (1/7/2022). Pencairan gaji ke-13 di bulan Juli ini bertujuan untuk membantu ASN saat memasuki tahun ajaran baru serta meningkatkan daya beli untuk menstabilkan perekonomian Indonesia setelah pandemi Covid-19. Namun, sayangnya ada beberapa PNS tidak dapat gaji ke-13, siapa saja mereka?

Kementerian Keuangan menerangkan bahwa kebijakan gaji ke-13 ditujukan kepada seluruh ASN dan pensiunan yang mencapai total 8,76 juta orang. Ada sebanyak 1,79 juta pegawai termasuk TNI dan Polri, aparatur daerah sejumlah 3,65 juta pegawai dan pensiunan sejumlah 3,32 juta yang berhak mendapatkan gaji ke-13. Sementara itu, ada pula sejumlah PNS tidak dapat gaji ke-13.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022, pemerintah telah memberikan gaji ke-13 tahun 2022 ini sebagai wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian PNS dan pensiunan. Namun tidak semua PNS yang berhak untuk mendapatkan gaji ke-13 ini?  Simak daftar PNS tidak dapat gaji ke-13.

Daftar PNS Tidak Dapat Gaji ke-13

Baca Juga: 5 Kinerja Tjahjo Kumolo Sebelum Berpulang, Urusi PNS hingga Tenaga Honorer

Daftar PNS tidak dapat gaji ke-13 ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.. Dalam pasal tersebut ada kondisi bagi ASN yang tidak mendapatkan gaji ke-13 antara lain:

1. ASN yang sedang cuti di luar tanggungan negara

2. ASN yang sedang bertugas dengan gaji yang ditanggung instansi yang menugaskan

Daftar PNS sebagai Penerima Gaji Ke-13

Sementara itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022 ada daftar penerima gaji ke-13. Berikut daftar penerima gaji ke-13.

Baca Juga: Gagal Membuka MyPertamina, Sejumlah ASN di Jogja Batal Beli Pertalite

- Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Komentar