facebook

Puasa Tarwiyah 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ketahui Jadwal dan Niatnya

Chyntia Sami Bhayangkara
Puasa Tarwiyah 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ketahui Jadwal dan Niatnya
Ilustrasi Puasa - Puasa Tarwiyah 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? (Pixabay)

Terdapat puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum Hari Raya Idul Adha, salah satunya yaitu puasa Tarwiyah. Lalu puasa Tarwiyah 2022 jatuh pada tanggal berapa?

Suara.com - Umat Islam telah memasuki bulan Dzulhijjah 1443 Hijriah/2022 Masehi, artinya di bulan ini umat muslim akan memperingati Hari Raya Idul Adha. Terdapat puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum Hari Raya Idul Adha, salah satunya yaitu puasa Tarwiyah. Lalu puasa Tarwiyah 2022 jatuh pada tanggal berapa

Selain puasa Tarwiyah juga ada puasa Arafah. Tidak sama seperti puasa di bulan Ramadhan yang berlangsung selama satu bulan penuh, puasa sunah di bulan Zulhijah ini hanya dikerjakan dua hari berturut-turut. Meskipun begitu puasa sunnah Tarwiyah maupun Arafah memiliki keistimewaan tersendiri bagi mereka yang mengerjakannya. Lantas, puasa tarwiyah 2022 jatuh pada tanggal berapa?

Melansir dari laman NU Online hukum puasa Tarwiyah adalah sunnah. Artinya apabila dikerjakan dengan sesuai sudah pasti akan mendatangkan pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Puasa Tarwiyah dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam yang tidak menjalankan ibadah haji. 

Semetara itu, untuk mereka yang sedang menjalankan rangkaian ibadah haji maka tidak disunnahkan untuk mengerjakan puasa Tarwiyah dan Arafah. Hal ini sesuai dengan hadits oleh Syaikh Al Bani dalam Shahih At Tirmidzi yang berbunyi: 

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2022? Ini Jadwal Puasa Dzulhijjah Lengkap

"Ibnu Umar ditanya tentang puasa Arafah ketika berada di bukit Arafah. Dia menjawab, 'Aku pernah melaksanakan haji bersama Nabi Muhammad SAW dan dia tidak puasa di Arafah, aku juga pernah haji bersama Abu Bakar, beliau juga tidak puasa Arafah. Pernah juga bersama Umar dan dia tidak berpuasa, demikian halnya bersama Utsman, beliau juga tidak berpuasa. Aku sendiri tidak berpuasa dan tidak menyuruh orang lain untuk berpuasa, dan tidak juga melarangnya', (HR Tirmidzi)." 

Lantas puasa Tarwiyah 2022 jatuh pada tanggal berapa? Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Puasa Tarwiyah 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? 

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menentukan awal bulan Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Kemudian Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Sementara, jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 dimulai berdasarkan hasil rukyatul hilal. 

Dari hasil putusan tersebut, maka dapat diketahui puasa Tarwiyah bisa dilaksanakan pada 8 Zulhijah atau Jumat, 8 Juli 2022, sedangkan puasa Arafah yaitu pada 9 Zulhijah atau Sabtu, 9 Juli 2022. 

Baca Juga: 7 Amalan di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, Allah Ampuni Dosa Manusia

Sebelum memasuki jadwal puasa Tarwiyah, umat muslim juga dapat mengerjakan puasa sunnah selama 7 hari di awal bulan Dzulhijjah yang dimulai pada Jumat, 1 Juli 2022. 

Komentar