facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Bendera Indonesia Terbentang di Konser Musik di Polandia Usai Jokowi Kunjungi Ukraina-Rusia?

Ruth Meliana Dwi Indriani | Elvariza Opita
CEK FAKTA: Benarkah Bendera Indonesia Terbentang di Konser Musik di Polandia Usai Jokowi Kunjungi Ukraina-Rusia?
CEK FAKTA: Benarkah bendera Indonesia dibentangkan di konser musik band Scorpion di Polandia usai Presiden Joko Widodo kunjungi Ukraina dan Rusia? (Turnbackhoax.id)

Disebutkan bahwa bendera Indonesia dibentangkan bersama bendera Ukraina di konser musik band Scorpion di Polandia berkat Jokowi. Benarkah klaim tersebut?

Suara.com - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia yang sedang berkonflik beberapa waktu lalu masih menjadi sorotan.

Pro dan kontra mengiringi perjalanan yang diawali dengan kedatangan Jokowi di KTT G7 di Munich, Jerman tersebut. Pihak kontra menilai kedatangan Jokowi ke kedua negara tersebut pada dasarnya tidak akan membawa dampak apa-apa.

Di tengah kontroversi yang terus mengiringi, sebuah narasi yang cukup mengejutkan berkembang di media sosial. Pasalnya disebutkan bendera Indonesia terbentang di sebuah konser musik di Polandia yang diklaim sebagai buah kunjungan Jokowi.

Salah satu yang mengunggah kabar ini adalah akun Twitter @Midjan_La_2. Akun dengan display name Kodok Ijo itu menyebut Sang Saka dibentangkan di konser band Jerman, Scorpion.

Baca Juga: Jalankan Misi Perdamaian ke Ukraina dan Rusia, Pakar Hukum Internasional Sebut Jokowi Lakukan Hal Luar Biasa

"KEREN bendera NKRI kita terbentang luas di konser grup Scorpion di Polandia berkat presiden kita Jokowi. Ukraina n Rusia," begitulah narasi yang disampaikan oleh @Midjan_La_2.

Tangkapan layar akun Twitter yang menyebarkan narasi bendera Indonesia dibentangkan di konser musik band Scorpion di Polandia usai Presiden Joko Widodo mengunjungi Ukraina dan Rusia. (Turnbackhoax.id)
Tangkapan layar akun Twitter yang menyebarkan narasi bendera Indonesia dibentangkan di konser musik band Scorpion di Polandia usai Presiden Joko Widodo mengunjungi Ukraina dan Rusia. (Turnbackhoax.id)

Pemilik akun juga terlihat mengunggah video suasana konser grup Scorpion yang menampakkan dua buah bendera besar dibentangkan di antara penonton. Salah satunya memang terlihat berwarna merah putih, sementara yang lain adalah bendera Ukraina.

Video dengan narasi serupa juga diviralkan oleh akun TikTok @mr.plonco.ae. "(Bendera) Indonesia berkibat di konser Scorpion. Peace n love," tutur akun tersebut, sambil menambahkan emoji bendera Rusia, Indonesia, dan Ukraina secara berjejeran.

Namun benarkah narasi yang berkembang tersebut?

Penjelasan

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Putin Singgung Jasa Rusia kepada Indonesia pada Masa Kemerdekaan

Berdasarkan penelusuran oleh Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, bendera merah putih yang tampak di video tersebut bukanlah milik Indonesia.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar