Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat 5 Waktu Lengkap dengan Urutannya

Aulia Hafisa
Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat 5 Waktu Lengkap dengan Urutannya
Ilustrasi orang berdoa setelah sholat - Doa setelah sholat fardhu singkat (Pexels)

Usai sholat, umat muslim dianjurkan baca doa. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat yakni sebagai berikut.

Suara.com - Setiap Muslim wajib melaksanakan Sholat fardhu. Sholat Fardhu bagian dari Rukun Islam, yang mana untuk menunaikannya harus dalam keadaan suci dari hadas kecil dan hadas besar. Usai sholat, umat muslim dianjurkan baca doa. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat yakni sebagai berikut.

Diketahui, berdoa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, memohon ampunan, perlindungan, keselamatan, dan kesejahteraan. Meski berdoa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, namun berdoa setelah sholat 4 waktu itu sangat dianjurkan.

Adapun doa yang bisa diamalkan usai menunaikan sholat fardhu yakni berdzikir dengan beristighfar serta memberikan pujian akan kebesaran Allah SWT. Berdoa atau berdzikir juga menjadi amalan penghapus dosa dan memohon perlindungan Allah SWT.

Usai bedoa dengan membaca istighfar, dilanjutkan dengan baca tasbih, tahmid, takbir serta baca surat-surat pendek, dan doa khusus lainnya. Meski ini hukumnnya sunnah, namun berdoa dan berdzikir ini membawa limpahan pahala dan keberkahan.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud, Ada Tulisan Latin dan Artinya

Untuk selengkapnya, berikut ini bacaan doa setelah sholat fardhu singkat yang bisa diamalkan umat Muslim.

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu

Usai menunaikan ibadah sholat fardhu, dianjurkan umat muslim untuk baca doa atau dzikir. Adapun bacaan doa dan dzikirnya sebagai berikut;

1. Baca istighfar 3 kali

Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Minta Rezeki, Bacalah di Sepertiga Malam

Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Dzikir Mohon Ampunan kepada Allah SWT

Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir

Artinya : “Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

3. Dzikir Mohon Perlindungan Kepada Allah (Baca 3 Kali)

Allahumma ajirni minan-naar

Artinya: "Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka"

4. Memberikan Pujian-pujian Atas Kebesaran Allah SWT

Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam

Artinya : “Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan."

5. Baca Tasbih, Tahmid, Takbir, tahlil (masing-masing 33 kali)

6. Membaca Surah Al Ikhlas, Surah Al Falaq, Surah An Nas, dan Ayat Kursi

Demikian ulasan mengenai bacaan doa setelah sholat fardhu singkat sesuai syariat Islam yang bisa diamalkan umat Muslim. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu mendapat keberkahan Allah SWT. Amiin.

Kontributor : Ulil Azmi