Kemajon! Ajakan NasDem Ke Gerindra Gabung Koalisi Perubahan Dinilai Kelewatan, Bisa Lukai Hati Prabowo

Bangun Santoso | Bagaskara Isdiansyah
Kemajon! Ajakan NasDem Ke Gerindra Gabung Koalisi Perubahan Dinilai Kelewatan, Bisa Lukai Hati Prabowo
Momen Anies Baswedan dan Prabowo Subianto di kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta.

Apalagi, jika Prabowo Subianto diduetkan dengan Anies hanya sebagai calon wakil presiden atau cawapres

Suara.com - Analis Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai tawaran Partai NasDem untuk meminta Partai Gerindra bergabung ke Koalisi Perubahan untuk mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, sangat tidak rasional.

Apalagi, jika Prabowo Subianto diduetkan dengan Anies hanya sebagai calon wakil presiden atau cawapres, itu hanya melukai hati.

"Ya saya sih melihat ajakan NasDem itu bagi Gerindra tidak rasional, kenapa? Karena bagaimana pun ajakan itu dalam tanda petik melukai Prabowo," kata Ujang saat dihubungi, Selasa (6/12/2022).

Ujang mengungkapkan, hal yang membuat berat Gerindra merapat dengan NasDem mendukung Anies yakni karena Gerindra sudah pernah bantu pemenangan Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Baca Juga: Denny Siregar Sebut NasDem Tak Akan Loyal ke Anies Baswedan, Tergantung Hal Ini

Kemudian, Anies juga pernah menyatakan kalau tidak akan maju di Pilpres selama Prabowo Subianto maasih maju di Pilpres.

"Dan tentu Gerindra tidak mau dan kecewa terkait dengan itu. Jadi saya melihat kecil kemungkinan kecil kalau Gerindra bergabung dengan NasDem," katanya.

"Karena Gerindra harus punya harga diri sendiri dan itu tidak jetemunya karena Gerindra dan Prabowo kecewa teehadap anies seperti itu melihatnya soal merapatnya Gerindra dengan NasDem sangat kecil," sambungnya.

Dengan alasan tersebut juga, Ujang menilai, jika Prabowo hanya dijadikan cawapres Anies jika bergabung dengan Koalisi Perubahan, maka hal tersebut hanya akan merendahkan Prabowo dan Gerindra.

"NasDem ingin memasangkan Prabowo sebagai cawapres itu artinya menurunkan derajat Prabowo. Kecuali kalau koalisinya menang kan belum tentu menang juga karena Gerindra ada di pemerintahan dan anies bertolak belakang dengan pemerintahan dibenci oleh pemerintahan," imbuhnya.

Baca Juga: Dibandingkan dengan Anies Baswedan, Gibran: Saya Tidak Sehebat Beliau Bang

Ajakan NasDem Ke Gerindra