Tabrakan Dea Imut: Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander

RR Ukirsari Manggalani | Wahyu Tri Laksono
Tabrakan Dea Imut: Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander
Honda Mobilio edisi spesial dipamerkan di arena IIMS 2018, Jakarta, Kamis (19/4) [Suara.com/Aditya Gema Pratomo].

Ditilik dari segi otomotif, selain tabrakan, kejadian ini adalah persoalan etika di jalan raya.

Suara.com - Pada Senin malam (3/12/2018), Dea Imut atau lengkapnya Claudia Annisa, pelaku seni peran yang berkecimpung di dunia sinetron mengalami kejadian ditabrak dari belakang saat mengemudikan tunggangannya, Honda Mobilio di Jalan Raya H Juanda, Depok, Jawa Barat. Sedangkan penabraknya mengemudikan Mitsubishi Xpander.

Ia menyatakan bahwa selama ini selalu mengemudikan sendiri mobilnya, tanpa jasa layanan sopir.

"Saat ditabrak dan penabrak kabur, saya sampai menangis, karena sangat kesal," kisah perempuan yang mengalami kejadian tabrakan sekitar pukul 19.25 WIB dan telah melakukan pelaporan kepada yang berwajib.

Aktris Dea Annisa alias Dea Imut kecelakaan mobil di Depok. (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Aktris Dea Annisa alias Dea Imut kecelakaan mobil di Depok. (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Menurut Dea Imut, ia memang selalu menangis bila merasa sangat kesal atau panik. Apalagi, tunggangan yang dibesutnya, Honda Mobilio baru digunakan kurang dari satu bulan. Bodi sebelah kanan tampak menganga, sampai area pilar B atau sambungan pintu.

"Bagian depan mobil ini sampai rusak, bolong," ujarnya seraya menunjukkan bagian menganga di sekitar area pintu.

Ditinjau dari dua kendaraan roda empat (R4) yang beradu itu, atau tepatnya mobil Dea Imut mengalami kejadian ditabrak, Honda Mobilio masuk kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), sama dengan kelas Mitsubishi Xpander.

Honda Mobilio dibekali mesin 1.5 l SOHC dengan tenaga maksimum 116 daya kuda pada 6.000 rpm, dan torsi maksimal 145 Nm. Sedangkan Mitsubishi Xpander menggunakan mesin 1.5 l MIVEC DOHC yang menghasilkan daya 103 daya kuda pada 6.000 rpm, dan torsi maksimal 141 Nm.

Dengan kata lain, kedua kendaraan dari pihak yang bersinggungan tidak banyak memiliki perbedaan. Juga tidak dimaksudkan untuk mengadakan komparasi spesifikasi. Apalagi bila menyinggung harga, di mana Honda Mobilio ada pada range Rp 193 juta - Rp 228 juta, dan Mitsubishi Xpander pada Rp 201 juta - Rp 225,9 juta.

Akan tetapi yang perlu digarisbawahi adalah etika di jalan raya. Aturan moral selagi berkendara: bahwa seorang pengemudi juga berinteraksi dengan pengendara lainnya. Maka bila melanggar, ada konsekuensi mesti ditanggung dan bukannya menjauhi.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS