Menperin Harapkan LCGC Makin Rendah Emisi

RR Ukirsari Manggalani
Menperin Harapkan LCGC Makin Rendah Emisi
Sejumlah kendaraan berjenis Low Cost and Green Car (LCGC) tampak melintas di kawasan Jalan Gatot Subroto dan MH Thamrin, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Kurniawan Mas'ud].

Low Cost Green Car alias LCGC diharapkan Menperin menggendong mesin makin rendah emisi.

Suara.com - Produk-produk kendaraan roda empat (R4) kategori Low Cost Green Car atau LCGC diharapkan menggunakan mesin yang lebih rendah emisi. Harapan ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto kepada industri otomotif, khususnya para produsen tunggangan jenis LCGC dengan mesin berkapasitas 1.000 - 1.500 cc.

Dikutip dari kantor berita Antara, Menperin memaparkan bahwa LCGC telah hadir sekitar lima tahun, dengan pengaturan berdasarkan Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri ulang tahun PT Honda Prospect Motor (HPM) ke-20 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). [Dok Honda Prospect Motor]
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri ulang tahun PT Honda Prospect Motor (HPM) ke-20 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). [Dok Honda Prospect Motor]

"Teknologi berkembang, LCGC di Indonesia sudah berjalan lebih dari lima tahun, tentu harapannya bisa menggunakan mesin berkualitas lebih bagus sehingga emisi lebih rendah," ujar Airlangga Hartarto di Karawang, Jawa Barat (26/3/2019) setelah acara seremonial All New Honda Brio Export Line-Off PT Honda Prospect Motor (HPM) serta ulang tahun ke-20 PT HPM.

Upaya lebih fokus lagi kepada mesin LCGC juga ditunjukkan Menperin dengan semangat mendorong pabrikan otomotif Tanah Air untuk mengembangkan kategori ini menjadi semakin rendah emisi dan masuk kategori Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Menurutnya, hal ini selaras dengan target pemerintah untuk merealisasikan kendaraan berbasis energi listrik agar tercapai sekitar 20 persen pada 2025.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS