Kembali, Carlos Ghosn Dibebaskan dengan Jaminan

RR Ukirsari Manggalani
Kembali, Carlos Ghosn Dibebaskan dengan Jaminan
Beberapa lelaki berjalan melewati layar yang menayangkan berita tentang pembesar Nissan Carlos Ghosn di Tokyo (20/11/2018). Saham Nissan dan Mitsubishi jatuh, saat para dewan aliansi perusahaan otomotif yang dipimpinnya berniat mencopot jabatannya, sehari setelah ia ditangkap karena dugaan pelanggaran keuangan [AFP/Toshifumi Kitamura].

Nilai jaminan Carlos Ghosn kali ini setengah dari yang terdahulu, namun konsekuensinya lebih berat.

Suara.com - Hingga saat ini, peradilan terhadap mantan pimpinan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn terus digelar oleh pengadilan distrik Tokyo, Jepang.

Taipan kelahiran Brasil asal Lebanon serta mengenyam pendidikan di Perancis itu dikenai tuduhan antara lain memperkecil jumlah penghasilannya dalam pelaporan keuangan, serta melimpahkan kerugian pribadi masuk ke rekening Nissan.

Ia ditangkap di Jepang pada November 2018, dihadapkan ke meja hijau perdana pada Januari 2019, sempat dibebaskan dengan jaminan setelah terus-menerus ditahan, lantas ditangkap kembali. Dan berita terbaru kini, ia kembali bisa dibebaskan dengan sejumlah jaminan.

Dikutip dari kantor berita Antara, pada Kamis (25/4/2019), Carlos Ghosn dibebaskan kembali dengan jaminan, setelah didakwa untuk keempat kalinya. Ini adalah pembebasan kedua kali yang didapatkan suami dari Carole Ghosn itu.

Kantor berita Jepang, Kyodo, memaparkan bahwa Carlos Ghosn saat meninggalkan rumah tahanan kemarin mengenakan setelan jas gelap tanpa dasi. Dan tidak lagi menyamar dengan seragam pekerja, seperti saat pembebasan perdananya pada Maret 2019.

Kali ini, persyaratan yang diberikan pengadilan distrik Tokyo semakin ketat, yaitu pelarangan atas Carlos Ghosn untuk berkomunikasi dengan Carole Ghosn. Sebagai catatan, saat penangkapannya kembali beberapa saat lalu, peranti komunikasi sang istri diberitakan turut disita.

Kali ini, jaminan yang diberikan untuk pembebasan Carlos Ghosn mencapai 500 juta Yen atau sekitar 4,5 juta dolar Amerika Serikat (AS). Terhitung lebih kecil dari pembebasan bersyarat perdana, yang mencapai 1 miliar Yen atau dua kali lipat nilai jaminan sekarang.

Junichiro Hironaka, ketua tim pengacara Carlos Ghosn menyatakan bahwa ia senang dengan putusan yang memberikan kebebasan terbatas atas kliennya itu. Tadinya ia sempat khawatir karena jaksa penuntut sangatlah menentang permintaannya.

Sedangkan Carole Ghosn menyatakan bahwa ia memaparkan penahanan sang suami sangat menyiksa, sebagaimana dilaporkan Wall Street Journal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS