BJ Habibie Diabadikan Sebagai Nama Jembatan di Timor Leste

RR Ukirsari Manggalani
BJ Habibie Diabadikan Sebagai Nama Jembatan di Timor Leste
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri atas) bersama mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta (kiri bawah), Menlu Timor Leste Dionisio Babo Soares (kanan atas) dan President of the Assembly of the Republic Portugal Eduardo Ferro Rodrigues (kanan bawah) naik mobil saat meninjau Jembatan dan Taman BJ Habibie usai diresmikan di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/8/2019) [ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj].

Penamaan jembatan dan taman ini adalah bentuk penghargaan Timor Leste kepada mantan Presiden BJ Habibie.

Suara.com - Jalan raya dan jembatan, adalah akses penting perekonomian sehingga tak jarang disebut sebagai sebuah "urat nadi". Tanpa kesinambungan pasokan bahan pangan, sebuah area bakal kekurangan dari segi pemenuhan kebutuhan sehari-hari, sektor perdagangan, serta transportasi.

Kemudian soal kebutuhan sekunder, akses jalan raya dan jembatan juga berfungsi menghubungkan satu wilayah dengan lainnya. Termasuk dalam konteks pariwisata. Sebuah jembatan yang keren pun bisa menjadi landmark yang begitu ikonik dan mendatangkan turis untuk beraktivitas. Setidaknya di masa kekinian adalah melakukan selfie atau swafoto.

Foto aerial Jembatan dan Taman BJ Habibie di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/08/2019)[ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj].
Foto aerial Jembatan dan Taman BJ Habibie di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/08/2019)[ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj].

Seperti dikutip lewat seri foto dari kantor berita Antara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, serta Menteri Luar Negeri Timor Leste, Dionisio Babo Soares, juga President of the Assembly of the Republic Portugal, Eduardo Ferro Rodrigues, pada Kamis (29/8/2019) menaiki mobil untuk meninjau Jembatan dan Taman BJ Habibie yang baru saja diresmikan.

Berlokasi di Bidau Santana, Dili, Timor Leste,jembatan BJ Habibie berdimensi panjang 78 m dan lebar 11,5 m ini menghubungkan Avenida dos Direitos Humanos, serta objek wisata Cristo Rei, patung Yesus Kristus setinggi 27 m.

Penggunaan nama BJ Habibie untuk jembatan dan taman itu adalah sebentuk penghargaan dan penghormatan rakyat serta Pemerintah Timor Leste atas jasa besar dan kontribusi BJ Habibie dalam pelaksanaan referendum di Timor Leste.

Dalam kesempatan ini, mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta tampak membagikan minuman kepada warga yang menyaksikan peresmian Jembatan dan Taman BJ Habibie.

Bagi para wisatawan terutama yang datang dengan mobil sewa, berpotret dan merasakan mengaspal di kawasan ini bisa menjadi salah satu daftar acara bila berkunjung ke Timor Leste.

Pastikan Anda mengantongi SIM Internasional bila hendak menyewa kendaraan untuk berjalan-jalan secara mandiri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS