Hanya Punya Tiga Model, Datsun Masih Optimis Mampu Bersaing

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hanya Punya Tiga Model, Datsun Masih Optimis Mampu Bersaing
Datsun Cross di Pantai Ngandong, Wonosari, Yogyakarta pada awal Mei 2018 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Miliki strategi khusus, Datsun tetap bersemangat dan menyatakan optimisme bertarung di sektor LCGC.

Suara.com - Christian Abraham G, Head of Marketing Datsun Business Unit dari PT Nissan Motor Distributor Indonensia (NMDI) menyatakan optimisme soal penjualan Datsun, meski hanya memiliki tiga model untuk bertarung di pasar otomotif Tanah Air.

Meskipun, dalam hal ini Christian Abraham G tidak memungkiri pihaknya masih terus melakukan studi untuk produk.

Datsun Go+ dipamerkan di GIIAS 2019, Jumat (26/7/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Datsun Go+ dipamerkan di GIIAS 2019, Jumat (26/7/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

"Pada saat ini, iya itu saja (tiga model). Namun bagaiamana ke depan nanti, kami melakukan studi. Terutama produk apa yang dibutuhkan konsumen," kata Christian Abraham G, di sela acara Indonesia Modification Expo atau IMX 2019, di Jakarta, baru-baru ini.

Untuk bertarung di segmen Low Cost Green Car (LCGC), Datsun memang terlihat kewalahan semenjak kedatangan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Angka penjualan Datsun semakin menurun setiap tahunnya.

Ditanyai apakah strategi Datsun agar tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan di segmen LCGC, Christian Abraham G mengklaim pihaknya sudah memiliki strategi tersendiri.

"Kalau ditanya strategi, ya ada. Tapi kami tidak bisa keluarkan saat ini. Kami fokus bagaimana melayani konsumen dengan tiga produk yang kami punya, apalagi masih baru dan dilaunching tahun lalu. Tentu akan kami memonitor apa kebutuhan konsumen," kata Christian Abraham G.

Sejauh ini, tiga produk yang dilempatkan Datsun ke pasar otomotif Tanah Air adalah Datsun Cross pada segmen city car, dan dua lainnya New Datsun Go dan Datsun Go yang mengisi segmen LCGC.

Terkait penjualan, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), total penjualan wholsales (pabrikan ke diler) Datsun hanya mencapai 4.286 unit pada periode Januari - Juli 2019. Pencapaian ini merosot cukup jauh dibanding periode yang sama 2018 sebanyak 8.489 unit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS